Menparekraf RI Sandiaga Uno Kunjungi Pameran AKI di Banjarmasin

BANJARMASIN – Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, mengunjungi Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia Tahun 2022, di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Banjarmasin, Selasa (12/7) siang.

Dalam sambutannya Sandiaga Uno menjelaskan, dengan digelar Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia Tahun 2022 ini, dapat mendorong produk ekonomi kreatif naik kelas, melalui berbagai program unggulan, kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif seperti, fashion, kuliner, kriya, film, dan musik.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, saat memberikan sambutan

“Kami ingin melalui pameran AKI, dapat mendorong pelaku ekonomi kreatif bangkit, sehingga semakin meningkat perekonomian khususnya di Kalsel,” ucapnya

Sandiaga menyampaikan, saat ini kreasi produk pelaku usaha ekonomi kreatif di Kalsel sangat inovatif, sehingga wajar produknya dipamerkan pada salah satu pusat perbelanjaan terbesar Banjarmasin. Ia berpesan kepada seluruh pelaku usaha ekonomi kreatif di Kalsel, tidak mudah menyerah dalam menjalankan usahanya.

“Pengalaman saya pernah gagal tidak hanya satu kali, namun teruslah bekerja dan berkarya, agar produk kita dapat semakin dikenal,” pinta Sandi (sapaan akrabnya).

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengapresiasi upaya Kementerian Pariwisata
Ekonomi Kreatif RI, dalam mendorong para pelaku usaha ekonomi kreatif di Kalsel, agar bisa naik kelas. Saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, terus berupaya untuk mewujudkan transformasi ekonomi terbarukan, salah satunya disektor ekonomi kreatif.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, memberikan sambutan

“Kami terus menggali sumber ekonomi terbarukan, karena sektor ekonomi kreatif merupakan potensi menjanjikan,” tutupnya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, mengadakan Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia, mulai 11-13 Juli 2022. Dalam Pameran AKI, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, didampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Wali Kota Banjarmasin Banjarmasin Ibnu Sina, Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, dan Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin, mengunjungi 20 stand Pameran tersebut.

Seperti diketahui, dalam kegiatan Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia Tahun 2022 ini, turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Kepala Dinas Perindustrian Kalsel, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Pariwisata dan Olahraga Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Koperasi UMK dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Ketua ASPPI Kalsel, serta unsur Forkopimda. (NHF/RDM/RH)

Sambut HUT ke 64 Kodam Vl/Mulawarman, Korem 101/Antasari Gelar Bakti Sosial Donor Darah

BANJARMASIN – Dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kodam Vl/Mulawarman, Korem 101/Antasari menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah, yang dilaksanakan secara serentak diseluruh jajaran Korem 101/Antasari. Di wilayah Garnisun Banjarmasin dilaksanakan di Aula Kodim 1007/Banjarmasin, pada Selasa (12/7).

Kodam Vl/Mulawarman akan merayakan hari ulang tahunnya pada 18 Juli mendatang. Dimana pada hari jadinya ke-64 tahun 2022 ini, mengangkat tema Mulawarman Mengabdi Untuk Negeri.

Kegiatan donor darah yang dilakukan jajaran Korem 101/Antasari ini, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Selatan dan Kota Banjarmasin, Denkesyah 06.04.2 Banjarmasin dan Kodim 1007/Banjarmasin.

“Dihari ulang tahunnya ke-64 tahun 2022, Kodam Vl/Mulawarman menggelar kegiatan bakti sosial donor darah secara serentah diseluruh jajaran Kodam Vl Mulawarman. Sedangkan untuk Korem 101/Antasari sendiri menggelar bakti sosial donor darah secara serentak pada hari ini di seluruh Kodim-Kodim jajaran Korem 101/Antasari, untuk di wilayah Garnisun Banjarmasin dilaksanakan di Kodim 1007/Banjarmasin,” sebut Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Rudi Puruwito dalam keterangannya.

Lebih lanjut, melalui bakti sosial ini diharapkan dapat membantu orang lain yang membutuhkan. Mengingat setetes darah akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang.

“Selain kegiatan donor darah, juga dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan bakti sosial lainnya. Diantaranya anjangsana, pembersihan tempat bersejarah, pembersihan Taman Makam Pahlawan (TMP), TNI Manunggal Air, Do’a bersama, ziarah rombongan dan juga kegiatan syukuran,” pungkasnya.

Hasil dari kegiatan donor darah ini nantinya akan disumbangkan dalam rangka program kemanusiaan, terutama untuk ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkannya. Kegiatan ini juga dalam rangka memenuhi ketersediaan darah yang semakin menipis di Palang Merah Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan bakti sosial donor darah ini diikuti pendonor dari TNI jajaran Korem 101/Antasari dan juga ibu-ibu Persit KCK. (PENREM-RIW/RDM/RH)

PMK di Kalsel Terkendali, Pelaksanaan Kurban Aman dan Lancar

BANJARBARU – Sekretaris Daerah Prov Kalsel Roy Rizali Anwar menyatakan, kondisi situasi kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kalsel sudah terkendali.

Hal tersebut disampaikan Sekdaprov melalui sambutan tertulisnya, yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Nurul Fajar Desira pada Rapat Koordinasi Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kalimantan Selatan di Ruang Rapat Rapat H. Aberani Sulaiman, pada Selasa (12/7).

“Kondisi situasi kasus PMK di Kalsel sudah terkendali, bahkan untuk Kabupaten HSU sudah nol kasus dan sudah dinyatakan negatif PMK dari laboratorium Balai Veteriner Banjarbaru. Demikian juga dengan Tabalong juga sudah tidak ditemukan lagi kasus PMK di lapangan,” ucap Sekda.

Kemudian, terkait pelaksanaan pemotongan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M, berjalan dengan lancar, dan masyarakat dapat melakukan pemotongan hewan kurban dengan aman dengan pengawasan oleh tim pemeriksa kesehatan hewan kurban provinsi maupun kabupaten/kota.

“Alhamdulilah, pelaksanaan pemotongan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M telah berjalan lancar dan masyarakat dapat melakukan pemotongan hewan kurban dengan aman dengan pengawasan oleh tim pemeriksa kesehatan hewan kurban provinsi maupun kabupaten/kota,” tambahnya.

Dengan terkendalinya kasus PMK, sebut Sekda, saat ini jumlah HRP yang sakit 42 ekor dan kemungkinan terjadi penurunan setelah dilakukan verifikasi pasca pemotongan hewan kurban serta wilayah sebaran PMK di Kalsel yang masih sangat kecil. Maka dari itu, Kalsel masuk dalam 7 provinsi yang ditargetkan nol kasus pada pekan ini, sehingga Kalsel bisa menjadi zona hijau.

“Tentunya diperlukan langkah cepat dan tepat, serta dukungan dari berbagai pihak yang tergabung dalam satgas penanganan PMK untuk mewujudkan kondisi tersebut,” harap Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, drh. Suparmi, dalam paparannya menyampaikan, Kalsel termasuk dari 21 provinsi di Indonesia yang tertular PMK, dan sampai saat ini hanya ada 4 kabupaten di Kalsel yang tertular PMK. Yaitu Kabupaten Tanah Laut, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Tabalong.

“Di Kalsel ada 530 kasus, di Tala 486 kasus, HSU 4 kasus, HST 33 kasus, dan Tabalong 7 kasus,” sampainya.

Lebih lanjut Suparmi menyampaikan, dari 530 kasus, tersebar di 11 kecamatan dan 28 desa, 462 ekor sudah sembuh, 19 ekor potong paksa, dan 7 ekor mati, serta masih ada 42 ekor yang sakit.

Sementara untuk capaian realisasi vaksinasi PMK di Kalimantan Selatan sebagaimana arahan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor sampai dengan 30 Juni 2022 l, mencapai 4.717 ekor ternak atau 112,31 persen dari target 4.200 dosis ruminansia besar.

Turut hadir dalam Rakor ini, Plt. Kepala BPBD Prov Kalsel Mujiyat, perwakilan dari Polda Kalsel, sejumlah Kepala SKPD Prov. Kalsel, serta anggota Satgas. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Dewi Damayanti Bekali Atlet Panahan Soal Wasbang

BATOLA – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membekali atlet panahan di Kota Banjarmasin terkait Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Kegiatan yang bertempat di salah satu rumah makan di Kelurahan Handil Bakti Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala, Selasa (12/7) menghadirkan dua narasumber yaitu IPDA Ninik Kristiani dan Hanifah.

Dewi Damayanti menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara penting untuk dipahami semua elemen masyarakat, lebih khusus atlet yang notabene masih usia remaja sebagai penerus cita-cita pembangunan bangsa dan daerah.

“Seperti sebelum-sebelumnya, saya juga menyasar atlet-atlet seperti pencak silat, bela diri dan sekarang atlet panahan. Mungkin mereka belum mengetahui wawasan kebangsaan ini secara mendalam,” katanya.

Melalui sosialisasi wasbang ini, Anggota Fraksi Golkar DPRD Kalsel ini mengharapkan para atlet ini, selain mereka berprestasi, juga memiliki wawasan kebangsaan yang mendalam sehingga prestasi yang mereka capai, tidak semata-mata untuk diri sendiri, tetapi juga untuk mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia.

Suasana Sosialisasi Wasbang Anggota DPRD Kalsel, Dewi Damayanti Said

“Dengan sosialisasi ini diharapkan para peserta dapat memahami bahwa sebagai warga negara yang baik, mereka harus memiliki semua wawasan yang berkaitan kebangsaan, cinta tanah air, mengerti Pancasila dan Undang-Undang Dasar, dan memahami kondisi negara ini sehingga mereka bisa membawa kepada perubahan yang lebih baik,” jelasnya. (NRH/RDM/RH)

4 Kabupaten Kota di Kalsel Berstatus Siaga Karhutla

BANJARBARU – Sebanyak 4 Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menetapkan status Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), 4 Kabupaten Kota tersebut yakni Kabupaten Tapin, Barito Kuala, Tanah Laut dan kota Banjarbaru

Hal ini disampaikan, Kepala sub bidang Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalsel Ariansyah, Selasa (12/7).

Ariansyah menyampaikan, hingga Selasa (12/7), sudah terdapat 4 Kabupaten di Kalsel yang menetapkan Status Siaga Karhutla, dan Pertanggal 15 Juni yang lalu, Pemerintah Provinsi Kalsel juga sudah menetapkan Status siaga Karhutla tingkat Provinsi Kalsel, yang berlaku hingga 15 November mendatang.

“Ada 4 yang berstatus siaga Karhutla di Provinsi Kalsel,” ungkap Ariansyah.

Untuk diketahui, pada 28 Juni yang lalu, Pemerintah Provinsi kalsel menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), pada waktu tersebut, hanya terdapat 3 Kabupaten-Kota yang menetapkan status siaga Karhutla, yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tapin.

Dengan bertambahnya Kabupaten-Kota di Kalsel yang berstatus Siaga Karhutla, Pemerintah Provinsi Kalsel bisa memperpanjang penetapan status siaga, tergantung pemantauan yang dilakukan pihaknya melalui BPBD Provinsi Kalsel.

“Jadi kita masih melihat situasi, berdasarkan hasil situasi lapangan, juga update dari BMKG terkait perkembangan cuaca dan iklim,” lanjut Ariansyah.

Ditambahkan Ariansyah, pihaknya akan kembali menggelar rapat evaluasi status siaga Karhutla, untuk mengevaluasi perkembangan status siaga Karhutla. (MRF/RD/RH)

Pemprov Kalsel Dukung Tiga Raperda Inisiatif Dewan

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan rapat paripurna di ruang rapat paripurna Mansyah Addrian Gedung A DPRD Provinsi Kalsel, Senin (11/7).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel, Supian HK itu membahas 2 (dua) agenda, yaitu terkait pendapat Gubernur Kalsel terhadap penjelasan Komisi DPRD atas 3 (tiga) buah Rancangan Peraturan Daerah (perda), kemudian dilanjutkan dengan tanggapan dan/atau jawaban fraksi-fraksi DPRD Kalsel atas pendapat Gubernur Kalsel terhadap 3 (tiga) buah rancangan perda yang disampaikan Pimpinan DPRD yakni Raperda tentang Penyelenggaraan Perizinan, Raperda tentang Penyelenggaraan Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi dan Usaha Kecil serta Raperda tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase dan Pengendalian Banjir di Wilayah Provinsi Kalsel.

Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kalsel, Nurul Fajar Desira, CES menyampaikan dukungan atas masukan dan usulan tentang rancangan perda tersebut.

“Saya atas nama gubernur, kami ingin menyampaikan bahwa beliau mendukung perda inisiatif yang sudah disampaikan oleh komisi DPRD Provinsi Kalsel, karena itu menyangkut pelayanan publik. Dan ini sangat penting sekali, dan ini merupakan amanat undang-undang. Karena itu kami mendukung dan siap untuk melaksanakan pembahasan lebih detail lagi bersama dengan DPRD Provinsi Kalsel.”ujarnya.

Lebih lanjut, Fajar Desira menilai tiga Raperda yang dibahas dalam rapat paripurna tersebut semuanya vital untuk kepentingan masyarakat.

“Semuanya krusial, ketiga raperda itu. Masalah banjir, perizinan, dan perlindungan koperasi dan usaha kecil. Penting untuk pelayanan kita terhadap publik,” jelasnya.

Sementara, Ketua DPRD Kalsel, Supian HK menyampaikan bahwa tiga Raperda yang merupakan inisiatif Dewan ini adalah bentuk jalannya fungsi legislasi DPRD yaitu pembentukan peraturan daerah.

Suasana rapat paripurna DPRD Kalsel

“Perda itu menyangkut masalah yang 3 tadi, itu banyak usulan-usulan, kami adakan pertemuan-pertemuan dan melaksanakan kunjungan-kunjungan ke dapilnya di masing-masing di daerah. Setelah itu kami sempurnakan, kami adakan rapat, akhirnya muncul inisiatif untuk mengadakan perda itu. Alhamdulillah pemerintah provinsi kalsel sangat mendukung perda itu. Secepat mungkin itu nanti ada payung hukumnya, itu juga menyangkut perda-perda yang lain, prosesnya sama,” katanya. (NRH/RDM/RH)

Sambut Hari Anak Nasional, Dispersip Kalsel Akan Datangkan Pendongeng Nasional

BANJARMASIN – Menyambut Hari Anak Nasional tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mendatangkan pendongeng nasional, untuk menghibur dan mendekatkan anak-anak dengan buku.

Rencana itu disampaikan Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie, yang bersiap mengundang ratusan anak ke Perpustakaan Palnam untuk menyaksikan aksi pendongeng Kempho Antaka.

“Menumbuhkan minat baca pada anak, kita akan kembali datangkan pendongeng nasional, rencananya ke Kalsel dalam bulan ini dalam rangka Hari Anak,” katanya, Senin (11/7).

Menurut Nurliani, Pendongeng Kempho Antaka ini tak kalah spesial dengan yang didatangkan sebelumnya, seperti Kak Awam, Kak Resha, Kak Agus DS, Kak Bimo, Kak Ria Enes dan Suzan, Cut Mini, hingga Kak Gery.

“Palnam sering kali mendatangkan tokoh nasional, ini sebagai komitmen kami untuk terus menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi di Banua,” tambah Kadispersip yang akrab disapa Bunda Nunung ini.

Terkait waktu kegiatan, ia mengaku masih melakukan koordinasi dengan yang bersangkutan, menyesuaikan kesiapan Dispersip Kalsel dan narasumber.

“Saya telah menemui yang bersangkutan di Semarang atas rekomendasi Kak Bimo, jadi waktu tepatnya masih kita cocokkan, nanti akan kita umumkan kembali,” pungkasnya. (DISPERSIPKALSEL-NRH/RDM/RH)

2.500 Atlet dari Politeknik se Indonesia Ramaikan Porseni ke 13 di Kalsel

BANJARMASIN – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke 13 Politeknik Se Indonesia Tahun 2022 dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Selatan, akan diramaikan 2.500 atlet dan ofisial.

Suasana penjelasan kegiatan Porseni di Kalsel

Ketua Panitia Porseni Politeknik se-Indonesia Agus Pebrianto mengatakan, tahun ini Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke 13 Politeknik se-Indonesia. Kegiatan akan di mulai tanggal 13 sampai 20 Juli 2022 di Banjarmasin.

“Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan Porseni ke 13 ini,” ucap Agus

Sedangkan, lanjutnya, untuk kesiapan penyelenggara Porseni ke 13 sudah mencapai 90 persen, serta peserta dari politeknik seluruh tanah air mulai berdatangan ke Kalimantan Selatan.

“Untuk kegiatan pembukaan Porseni akan dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Remaja Hasanuddin HM, dan rencananya akan dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor,” ujarnya.

Menurut Agus, untuk peserta yang akan meramaikan Porseni ke 13 di Provinsi Kalimantan Selatan diperkirakan 50 politeknik negeri dengan total peserta hampir 2.500 atlet.

Pada Personi di Provinsi Kalimantan Selatan akan mempertandingkan 15 cabang olahraga dan 7 cabang seni yang akan difokuskan di Kota Banjarmasin dan Martapura

Agus berharap, kepada seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan, dapat memberikan dukungan pelaksanaan agar dapat berjalan sukses serta atlet Provinsi Kalimantan Selatan dapat meraih prestasi.

“Kami berharap semua pihak di Provinsi Kalimantan Selatan dapat memberikan dukungan atas kesuksesan pelaksanaan Porseni di Kalsel ini,” ucap Agus. (SRI/RDM/RH)

Sambut Idul Adha 1443 H, Bank Kalsel Bagikan 8 Ekor Sapi Kurban

BANJARMASIN – Bank Kalsel bagikan delapan hewan kurban, menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Lima hewan kurban sapi dibagikan di kantor pusat Bank Kalsel di Banjarmasin, dua diserahkan ke DPRD Kalsel dan satu sapi diserahkan kepada salah satu masjid di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Ketua Panitia Kurban Bank Kalsel, Anang Rifani mengatakan, pemotongan hewan kurban dilaksanakan setelah shalat Idul Adha, pada Minggu (10/7).

“Kantor Pusat Bank Kalsel potong hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi,” ujar Anang di kantor Bank Kalsel di Banjarmasin.

Ia mengatakan, daging kurban dibagikan kepada masyarakat sekitar lingkungan kantor pusat Bank Kalsel, pada hari yang sama.

Selain dibagikan kepada masyarakat sekitar, daging juga dibagikan kepada Panti Asuhan dan Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) serta karyawan Outsourcing. (ADV-RIW/RDM/RH)

DPW PKB Kalsel Laksanakan Ibadah Kurban Untuk Warga Kurang Mampu di Banjarmasin

BANJARMASIN – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Kalimantan Selatan tahun ini, kembali melaksanakan ibadah kurban 2 ekor sapi, di Halaman Kantor DPW PKB Kalsel, Selasa (12/7).

Suasana pemotongan daging kurban

Sekretaris DPW PKB Kalsel Hormansyah mengatakan, pelaksanaan ibadah kurban ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan, oleh pihaknya.

“Ibadah kurban yang kami laksanakan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan DPW PKB Kalsel,” ucapnya.

Menurut Hormansyah, untuk tahun ini ada 2 ekor sapi yang menjadi kurban dalam ibadah kurban tersebut.

“Kami menyebarkan 200 kupon, untuk warga tidak mampu disekitar Kantor DPW PKB Kalsel, untuk mendapatkan daging kurban,” ujarnya.

Sedangkan, lanjut Hormansyah, pada pelaksanaan ibadah kurban di tempat mereka tersebut, untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta menjalin silaturahmi antar anggota dan pengurus DPW PKB Kalsel.

“Ibadah kurban ini dilaksanakan untuk menimbulkan rasa kepedulian dan berbagi dengan warga kurang mampu,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hormansyah juga menyampaikan, bahwa hampir seluruh DPC PKB di Provinsi Kalimantan Selatan juga melaksanakan, kegiatan ibadah kurban, dengan penyembelihan hewan kurban di kantor masing-masing.

“Untuk ibadah kurban ini hampir seluruh DPC PKB di Provinsi Kalsel melaksanakan,” ucap Hormansyah. (SRI/RDM/RH)

Exit mobile version