29 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

4 Kabupaten Kota di Kalsel Berstatus Siaga Karhutla

1 min read

Kepala sub bidang kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalsel Ariansyah

BANJARBARU – Sebanyak 4 Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menetapkan status Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), 4 Kabupaten Kota tersebut yakni Kabupaten Tapin, Barito Kuala, Tanah Laut dan kota Banjarbaru

Hal ini disampaikan, Kepala sub bidang Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalsel Ariansyah, Selasa (12/7).

Ariansyah menyampaikan, hingga Selasa (12/7), sudah terdapat 4 Kabupaten di Kalsel yang menetapkan Status Siaga Karhutla, dan Pertanggal 15 Juni yang lalu, Pemerintah Provinsi Kalsel juga sudah menetapkan Status siaga Karhutla tingkat Provinsi Kalsel, yang berlaku hingga 15 November mendatang.

“Ada 4 yang berstatus siaga Karhutla di Provinsi Kalsel,” ungkap Ariansyah.

Untuk diketahui, pada 28 Juni yang lalu, Pemerintah Provinsi kalsel menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), pada waktu tersebut, hanya terdapat 3 Kabupaten-Kota yang menetapkan status siaga Karhutla, yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tapin.

Dengan bertambahnya Kabupaten-Kota di Kalsel yang berstatus Siaga Karhutla, Pemerintah Provinsi Kalsel bisa memperpanjang penetapan status siaga, tergantung pemantauan yang dilakukan pihaknya melalui BPBD Provinsi Kalsel.

“Jadi kita masih melihat situasi, berdasarkan hasil situasi lapangan, juga update dari BMKG terkait perkembangan cuaca dan iklim,” lanjut Ariansyah.

Ditambahkan Ariansyah, pihaknya akan kembali menggelar rapat evaluasi status siaga Karhutla, untuk mengevaluasi perkembangan status siaga Karhutla. (MRF/RD/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.