19 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Untuk Konsumsi, Di Kalsel Didominasi Beras Padi Lokal

1 min read

BANJARBARU – Untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di Banua Kalimantan Selatan, berbagai varian beras didatangkan ke Banua ini, seperti padi lokal ( beras unus, mayang, pandak) terus dikembangkan di banua ini. Selain itu, padi jenis unggul (beras jawa) juga turut dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Plh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, Saptono menyampaikan, meskipun berbagai macam padi jenis unggul telah pihaknya kembangkan di banua ini, namun masyarakat di Banua ini yang mayoritasnya adalah masyarakat Banjar, lebih dominan mengkonsumsi beras jenis lokal dibandingkan beras jenis unggul.

Plh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, Saptono

Hal ini dikarenakan, selain dominan masyarakat banjar, beras jenis lokal memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

“Konsumsi beras masyarakat Kalsel masih didominasi oleh padi jenis lokal. Namun, dari sisi penjualan, terpantau padi jenis unggul juga mendominasi penjualan beras di pasaran,” ungkap Saptono, yang juga menjabat sebagai Kabid Ketahanan Pangan ini.

Ia menambahkan, mayoritas pedagang nasi yang didominasi masyarakat banjar di banua, juga sangat banyak memakai bahan nasi dari beras jenis lokal.

“Ini juga yang membuat beras jenis lokal digandrungi masyarakat Banjar,” tutup Saptono.

Seperti diketahui, beras jenis lokal hanya dapat dipanen sekali dalam 1 tahun, berbading dengan padi jenis unggul yang dapat dipanen 2 kali dalam setahun. Meskipun dengan berbagai keunggulan yang dimiliki beras jenis unggul, dengan mayoritas masyarakat banjar yang ada di Kalimantan Selatan, membuat para petani masih mempertahankan membudidayakan padi (beras) jenis lokal. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.