18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Terus Berkonsentrasi Optimalkan IKD

1 min read

KTP digital menjadi salah satu program yang digencarkan dalam Identitas Kependudukan Digital (IKD) pemerintah

BANJARBARU – Identitas Kependudukan Digital (IKD) terus menjadi konsentasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam merealisasikan program tertib administrasi kependudukan (adminduk).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kalsel, Zulkifli, mengungkapkan, sebagai bentuk mengoptimalkan program IKD pihaknya sementara lelbih fokus dititik yang mudah terjangkau internet.

Kepala Dinas Dukcapil Kalsel, Zulkifli, saat menjelaskan IKD yang dikonsentrasi untuk program Adminduk

“Masyarakat yang tinggal di perkotaan menyambut baik dengan adanya IKD. Tetapi, tidak semua mengetahui apalagi di daerah blank spot internet. Sehingga, bersama dukcapil di kabupaten/kota turut mengoptomalkan program ini agar bisa digunakan masyarakat,” ujarnya, kepada Abdi Persada FM, Jumat (29/9).

Termasuk, kata dia, juga memaksimalkan ASN dilingkup pemerintahan kabupaten/kota untuk menjadi contoh dalam penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Nah, jajaran dukcapil memanfaatkan ASN untuk bisa memiliki IKD. Yang mana, mereka melakukan pemaksimalan itu usai pelaksanaan apel dan rapat agar KTP digital bisa difungsikan sebagaimana elektronik fisik,” ungkapnya.

Manfaat yang didapatkan masyarakat, lanjut Zulkifli, setidaknya meminimalisir terjadinya kehilangan data kependudukan fisik.

“Jadi, mudah. Karena apabila fisiknya hilang IKD menjadi solusi tepat,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.