Kualitas Layanan Publik Disdikbud Kalsel Terus Mengalami Peningkatan
2 min read
Sejumlah narasumber menjelaskan tentang pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik
BANJARBARU – Kualitas pelayanan terhadap publik yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel terus mengalami peningkatan drastis setiap tahun.
Hal itu dibuktikan dengan dijadikannya Disdikbud Kalsel sebagai lokus penilaian Ombudsman dan mendapat nilai 94 atau Sangat Baik.
Capaian tersebut tentunya merupakan buah hasil dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan Disdikbud Kalsel terkait peningkatan kualitas pelayanan publik.

Salah satunya yakni melaui Forum Konsultasi Publik yang membahas tentang peningkatan kualitas pelayanan publik, di Aula Disdikbud Kalsel, pada Selasa (17/12) lalu.
Kepala Disdikbud Kalsel Muhammadun melalui Kepala Sub Bagian Umum Kepegawaian Muddasir Rahman, mengatakan forum tersebut bertujuan untuk evaluasi saran dan masukkan dari pengguna pelayanan publik terhadap Disdikbud Kalsel.
Sekaligus menjadi tindaklanjut terhadap amanat UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Konsultasi Publik.
“Hasil kegiatan itu nantinya akan kita tindaklanjuti berdasarkan hasil saran dan masukkan dari pengguna pelayanan publik ke depan,” katanya.
Hasil pelayanan publik dengan hasil Opini Hijau dan masuk kategori A itu, pun mendapat apresiasi dari Biro Organisasi Setdaprov Kalsel.
Kepala Sub Bagian Pelayanan Publik Biro Organisasi Setdaprov Kalsel, Rakhmatiah, berpesan agar Disdikbud Kalsel terus menekankan pertahankan dan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang sudah bagus tersebut.
Khususnya dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan publik pada 6 aspek, yakni aspek kebijakan, aspek profesionalise SDM, aspek sarana dan prasarana, aspek sistem informasi pelayanan publik, aspek konsultasi dan pengaduan dan aspek inovasi.
“Ada yang khusus dalam pelayanan, yaitu pentingnya penerapan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dan bekerja dengan ikhlas,” pesannya. (SYA/RDM/RH)