19 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Gubernur Kalsel Berharap Peserta SJI Jadi Jurnalis Berintegritas

2 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, saat memberikan sambutan

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengharapkan para peserta Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI), dapat menjadi Jurnalis yang handal dan berintegritas.

Suasana Pembukaan SJI di Banjarmasin

Hal itu disampaikan, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, dalam sambutannya pada acara pembukaan SJI Kalsel di Banjarmasin, Rabu (10/7)

Sahbirin Noor mengatakan, media massa dan jurnalisme memiliki peran yang sangat vital di masyarakat, tidak hanya bertugas memberikan informasi, tetapi juga membentuk opini publik, menjaga integritas dan memperkuat wawasan kebangsaan.

Foto bersama : Gubernur Kalsel, Ketua PWI Pusat dan Ketua PWI Kalsel

Paman Birin berharap, melalui Sekolah Jurnalisme Indonesia ini, para peserta dapat menjalin jaringan dan kolaborasi yang kuat. Mengingat, di era kecanggihan teknologi, tantangan yang para jurnalis semakin kompleks.

“Jurnalis perlu diperkuat integritas, wawasan kebangsaan, kemampuan multitasking dan berpikir kritis. Selain itu, jurnalis harus mampu menggali dan menyampaikan cerita yang memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, menghargai keragaman dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila,” pinta Paman Birin.

Tanggapan senada diungkapkan, Ketua PWI Pusat, Hendry CH Bangun. Menurutnya, dalam materi Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) ini, wartawan harus mampu mengatasi perkembangan zaman. Kemudian memiliki wawasan kebangsaan, karena PWI ini sebagai organisasi lahir di tengah perjuangan, harus sesuai dengan nilai-nilai kepentingan bangsa.

“Setiap materi-materi di SJI ini, dapat membuat peserta memahami dan mengelola informasi sesuai nilai-nilai jurnalistik,” jelasnya

Sementara itu, Ketua PWI Kalimantan Selatan, Zainal Helmi menambahkan, Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) ini diikuti
sebanyak 30 wartawan dari media cetak, elektronik, dan online yang tersebar di kabupaten/kota di Kalsel.

Ia berharap, lulusan SJI akan menjadi Duta Pendidikan PWI Kalsel, dengan memiliki berbagai kemampuan tidak hanya menulis pemberitaan, tetapi menguasai berbagai aspek lain dalam jurnalisme.

“Bagi kawan-kawan yang sudah dipilih menjadi duta PWI, akan memberikan pendidikan ke daerah-daerah,” tutupnya

Untuk diketahui, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, dan difasilitasi sepenuhnya oleh PWI Kalsel. Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) dibuka secara resmi, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, selama empat hari mulai 10 – 13 Juli 2024, bertempat disalah satu Hotel Berbintang di Banjarmasin. (NHF/NRH/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.