19 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

13 SMP se-Kalsel Ikuti LCCM Tahun 2024 di Muslam Kalsel

2 min read

Suasana Lomba Cerdas Cermat Museum tahun 2024 di Museum Lambung Mangkurat Kalsel

BANJARBARU – Museum Lambung Mangkurat (Muslam) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat SMP sederajat.

Kegiatan berpusat di Aula Auditorium Museum Lambung Mangkurat Kalsel, di Banjarbaru, selama tiga hari mulai 10 hingga 12 Juli 2024.

Dalam sambutan tertulis, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Muhammadun, mengatakan, museum merupakan wadah dalam mengembangkan kreatifitas dan edukasi bagi masyarakat tentang sejarah dan kebudayaan.

Muhammadun menilai LCCM sangat bermanfaat bagi generasi muda terutama pelajar Kalsel, sebagai ajang kompetisi mengasah kemampuan pengetahuan dalam bidang sejarah dan kebudayaan Indonesia.

Selain itu LCCM menurutnya, juga mendekatkan museum kepada masyarakat khususnya bagi generasi muda, dan menjalin kerjasama sinergi pembinaan kebudayaan yang ada di Kalsel.

Sementara itu, Kepala Museum Lambung Mangkurat Kalsel, Muhammad Taufik Akbar, menjelaskan LCCM 2024 diikuti oleh 13 SMP dari setiap Kabupaten/Kota di Kalsel.

Kepala Museum Lambung Mangkurat Kalsel, Muhammad Taufik Akbar

“Setiap Kabupaten/Kota memang kita wajibkan mengirim satu SMP untuk berlomba.” katanya

Dengan mengusung tema Arunika yang merupakan akronim Asah Rasa Untuk Generasi Merdeka Berbudaya, kegiatan tahunan ini, lanjut Akbar, bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analisa, serta memotivasi siswa untuk belajar dan berkembang.

“Sekaligus merupakan penjaringan peserta pewakilan Kalsel untuk mengikuti LCCM tingkat nasional di Jakarta,” jelasnya.

Akbar berharap LCCM bisa lebih meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kalsel, khususnya terkait pengetahuan tentang sejarah dan budaya di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan keinginan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, untuk mewujudkan SDM yang unggul dalam berbagai bidang.

“Jadi kalau bisa setiap perwakilan Kabupaten/Kota nanti ikut ke Jakarta untuk melihat langsung LCCM tingkat Nasional, dengan harapan termotivasi untuk menjadi lebih baik dibanding daerah lain,” harapnya. (SYA/NRH/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.