17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Wawasan Pokdawis, Pemprov Kalsel Gelar Pelatihan

2 min read

Foto bersama

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata Kalsel Bidang Pengembangan Destinasi, menggelar Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Wisata Kabupaten dan Kota, dengan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, pada Kamis (13/6) bertempat di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin.

Suasana Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Wisata Kabupaten dan Kota, Kab HST

Kepada wartawan, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dispar Kalsel Musrefinah Lediya, usai pembukaan mengatakan, pelatihan ini dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) khususnya Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Di mana, setelah sebelumnya sudah diberikan dengan dua Kota yaitu Banjarmasin dan Banjarbaru, serta 3 Kabupaten yakni Batola, Banjar, dan Tanah Laut.

“Pelatihan Pokdarwis ini sangat penting bagi seluruh Kabupaten dan Kota,” ucapnya

Disampaikan Musrefinah, Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Wisata Kabupaten dan Kota, dimaksudkan memperluas wawasan dan pengetahuan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, terutama dari segi tanggap bencana, kemampuan mempromosikan di media sosial dan memiliki keahlian bercerita sejarah Destina Wisata di wilayahnya masing-masing.

“Jelang libur panjang, biasanya diakhir Juni hingga pertengahan Juli 2024 mendatang, akan ramai kunjungan ke tempat wisata di Banua,” jelas Lediya

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Wahyudi Rahmat, menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah pengetahuan dan wawasan terutama bagi Kelompok Sadar Wisata yang berjumlah sebanyak 13 Pokdarwis. Di mana, satu Kelompok Sadar Wisata beranggotakan minimal sekitar 30 orang. Selain itu, Pokdawis harus saling menjalin koordinasi dengan Kepala Desa, agar tercipta sinergisitas di lapangan, memajukan destinasi wisata masing-masing.

“Kami apresiasi tiga narasumber hadir mulai dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, Raden Suria Fadliansyah, menyampaikan Siap dan Sigap Tanggap Bencana bagi Pengelola Destinasi Wisata, kemudian Praktisi Digital Marketing oleh Fajar Rizky Rahman tentang Pengelolaan Media Sosial dan Story Telling Budaya Cerita Rakyat Bayu Bastari,” tutupnya

Kepala BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah, saat memberikan materi

Untuk diketahui, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang Pengembangan Destinasi menggelar Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Wisata Kabupaten dan Kota dibuka secara resmi Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, diwakili Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dispar Kalsel Musrefinah Lediya, dan jajaran Dispar Kalsel. Dihadiri Plh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Tengah, diikuti peserta Kepala Desa serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.