19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Kompetensi Wartawan, PWI Kalsel Gelar UKW Regional Kalimantan

2 min read

Suasana UKW Regional Kalimantan di Banjarmasin

BANJARMASIN – Guna Meningkatkan Kompetensi Wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan, menggelar UKW Regional Kalimantan Angkatan ke 22, selama dua hari dari 11-12 Juni 2024.

Kepada sejumlah wartawan, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi, usai pembukaan pada Selasa (11/6) mengatakan, kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Regional Kalimantan ini sangat penting, untuk melahirkan wartawan yang berkompeten dan profesional. Sehingga, terwujud Demokrasi yang lebih baik lagi. Terkait jumlah peserta ada sebanyak 36 orang menjalani ujian sesuai tingkatannya.

“Ada tiga kelas para peserta, Muda 18 orang, Madya 12 orang dan Utama 6 orang,” ucapnya

Disampaikan Helmie, UKW Regional Kalimantan Angkatan ke 22 ini, merupakan kerjasama dengan PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan. Ia berharap, dengan dimilikinya wartawan yang memiliki kompetensi, akan berpengaruh hasil karya jurnalistiknya. Dimana, pemberitaan wartawan pemegang kartu kompetensi, dapat terus mengawal pembangunan secara lebih berimbang.

“Saat ini PWI Kalsel sudah menguji kompetensi sekitar 500 wartawan lebih, termasuk 100 orang di antaranya jenjang utama yang diakui Dewan Pers,” jelasnya

Sekretaris PWI Kalsel Toto Fachrudin (kemeja merah) menjadi penguji peserta Uji Kompetensi Wartawan

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, sangat mengapresiasi digelarnya UKW Regional Kalimantan Angkatan ke 22, dalam rangka mengutamakan wartawan memiliki sertifikasi, karena insan pers adalah mitra kerja. Selain itu, sertifikasi wartawan, dapat memberikan keyakinan bagi narasumber, yaitu akan diwawancarai oleh orang yang berkompeten dan profesional.

“Dengan semakin banyak wartawan yang berkompeten, akan berdampak dari segi kualitas pemberitaan,” pintanya

Hal senada juga disampaikan, GM UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro, menambahkan, dengan digelar UKW ini, tentu kompetensi wartawan semakin meningkat, dalam bentuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada seluruh lapisan masyarakat. Kerjasama ini sudah dua tahun berjalan, untuk membantu meningkatkan profesionalisme dari para jurnalis.

“UKW ini dapat melahirkan wartawan-wartawan lebih berkompeten dan profesional,” tutupnya

Foto bersama

Untuk diketahui, PWI Kalimantan Selatan menggelar Uji Kompetensi Wartawan Regional Kalimantan Angkatan ke 22, dibuka secara resmi, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Adi Santoso, didampingi Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie, dan Jajaran Pengurus PWI Kalsel. Dihadiri Direktur Abdi Persada FM, Syarifah Norhani, Kepala Bidang Komunikasi publik Diskominfo Kalsel, Jajang Markoni, GM UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro, dan Sekretaris PWI Kalteng serta Ketua PWI dari Kabupaten Tabalong, Kotabaru, Banjarbaru, dan Tanah Laut. Sedangkan secara zoom Ketua PWI Kaltim, Kaltara, Kalbar, bertempat di salah satu Hotel Berbintang Banjarmasin. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.