16 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Rakornas Ke-15 KI se-Indonesia Resmi Dibuka di Banjarmasin

2 min read

Pemukulan rebana tanda dibuka Rakornas ke-15 KI se-Indonesia di Banjarmasin

BANJARMASIN – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-15 Komisi Informasi (KI) se-Indonesia resmi dibuka di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (11/6). Rakornas ini dilaksanakan demi memperkuat koordinasi sebagai bentuk persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

Rapat yang diikuti oleh 450 perwakilan KI seluruh Indonesia itu, dibuka langsung oleh Ketua KI Pusat, Donny Yoesgiantoro, dan disaksikan langsung oleh Menkopolhukam, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Forkopimda Kalsel, serta Kepala SKPD Pemprov Kalsel.

Menkopolhukam, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri), saat menerima cinderamata dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (kanan)

Pelaksanaan Rakornas ke-15 KI se-Indonesia yang telah dilaksanakan sejak Senin (10/6) ini berfokus pada agenda pembahasan isu-isu strategis terkait sinergi keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan negara menuju Indonesia emas 2045.

Dalam sambutannya, Donny menilai salah satu elemen penting dalam mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Indonesia Emas 2025-2045 adalah penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka.

Menurut Donny, informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang, baik bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosial, termasuk bagi ketahanan nasional.

“Pengelolaan informasi publik penting dilakukan sebagai bentuk upaya untuk mengembangkan masyarakat informatif dalam meningkatkan daya saing global,” kata Donny.

Sebab itu Donny menilai, KI memerlukan banyak penguatan dan sinergitas dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi KIP serta dalam upaya optimalisasi Keterbukaan Informasi di Indonesia.

“Jadi semua rekomendasi dari Rakornas ini akan ditindaklanjuti dan akan dilakukan implementasi serta evaluasi. Itu akan menjadi rujukan dalam Rakernis yang akan dilaksanakan dalam dua bulan mendatang,” ungkap Donny.

Menkopolhukam RI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menegaskan bahwa keterbukaan informasi merupakan peran kunci dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap aspirasi masyarakat.

“Keterbukaan informasi merupakan salah satu pilar utama dalam membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah. Dengan memberikan akses informasi yang luas dan mudah kepada masyarakat, kita dapat menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” ucap Hadi.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada KI Pusat yang telah mempercayakan Kalsel sebagai tuan rumah Rakornas.

Gubernur berharap Rakornas ini akan menghasilkan manfaat untuk masyarakat yang membutuhkan transparansi demi terselenggaranya negara yang baik.

“Semoga Rakornas ini bisa mewujudkan negara yang baik demi menyongsong Indonesia Emas 2045,” harap Gubernur. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.