19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BPBD Kalsel Terus Bergerak Bantu Masyarakat Terdampak Banjir di Tanbu

2 min read

TANAH BUMBU – Penanganan bencana banjir oleh Tenaga Kebencanaan atau Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan bersama lintas instansi terus bergerak membantu masyrakat terdampak banjir di sejumlah Kecamatan, di Kabupaten Tanah Bumbu.

Penanganan banjir di Kabupaten Tanah Bumbu

Kepala BPBD Prov Kalsel R. Suria Fadliansyah mengatakan, aksi bersama ini merupakan arahan langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor (Paman Birin), agar BPBD dan SKPD terkait di lingkungan Provinsi Kalsel bertindak cepat dan sigap memberikan bantuan.

“BPBD Kalsel juga terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat untuk antisipasi jika ada potensi susulan,” ungkap Surya.

Apabila hujan turun di bagian hulu ada kemungkinan di wilayah Kecamatan Kusan Tengah debit airnya meningkat.

“Posisi kami saat ini ada di Kecamatan Pagatan. Kami terus memantau setiap kondisi tingkat ketinggian air di setiap kecamatan terdampak,” tutup Surya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Tim TRC BPBD Kalsel Rizky Ramadan, menyampaikan, aksi bersama ini bagian dari kolaborasi lintas instansi seperti BPBD Kabupaten Tanah Bumbu, TNI/ POLRI, pekerja sosial relawan bencana, organisasi sosial kemasyarakatan dan elemen lainnya.

“Setelah melaksanakan koordinasi dan briefing, bersama tim gabungan posko penanganan banjir Kabupaten Tanah Bumbu, TRC BPBD Kalsel melakukan peninjauan lapangan bersama,” ungkap Risky.

Berdasarkan pada Minggu pagi, tingkat ketinggian permukaan air di beberapa kecamatan mulai turun. Seperti di Kecamatan Karang Bintang, Kuranji, dan KecamatannBatulicin. Kondisi sama juga di Kecamatan Sungai Loban, Kusan Hulu, Teluk Kepayang, dan Kecamatan Satui.

“Sedangkan jumlah masyarakat terdampak banjir ada 8 kecamatan dan 39 desa dengan total warga terdampak berjumlah5.545 kk 19.241 jiwa,” lanjut Risky

Menurut Risky, fokus penanganan sementara di hari itu di lokasi Kecamatan Kusan Tengah. Di mana kecamatan ini ada 3 desa tingkat ketinggian air cukup tinggi seperti Desa Karya Bakti, Tanjung Serang, dan Salimuran. (BPBD.KALSEL/MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.