19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Buka Rakor Persiapan Pilkada 2024, Gubernur Kalsel : Komitmen Untuk Ciptakan Rasa Kondusif

2 min read

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat memberikan sambutan

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, bertempat di Gedung Idham Chalid kawasan perkantoran Pemprov Kalsel, di Banjarbaru, Kamis (6/6).

Suasana Rakor Persiapan Pilkada Tahun 2024

Kegiatan Rakor yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalsel ini melibatkan Bakesbangpol di 13 Kabupaten/Kota, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadaman Kebakaran, dan seluruh Camat se Kalsel.

Suasana Rakor Persiapan Pilkada Tahun 2024

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya sekaligus membuka acara mengatakan, penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2024 merupakan agenda demokrasi yang sangat penting dan harus dipersiapkan dengan matang, oleh karena itu secara berkala perlu untuk melakukan evaluasi dan koordinasi.

“Melalui Rakor ini setidaknya kita perlu mengetahui berbagai aspek persiapan menuju Pilkada serentak 2024, mulai dari aspek regulasi, sumber daya manusia, logistik hingga aspek keamanan dan persiapan seluruh wilayah di Kalimantan Selatan,” ucap Paman Birin (sapaan akrabnya).

Ia menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Kalsel berkomitmen penuh untuk menciptakan iklim kondusif dan situasi yang aman selama pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024.

“Kami akan mengupayakan segala daya dan upaya untuk memastikan bahwa proses demokrasi ini berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan keamanan dan ketertiban yang menodai sakralitas Pilkada 2024 di Kalimantan Selatan,” katanya.

Paman Birin berharap melalui rakor ini dapat membangun kesepahaman dan komitmen bersama untuk menjaga netralitas, integritas dan profesionalitas dalam penyelenggaraan Pilkada.

“Jangan sampai perbedaan pilihan politik mengikis persaudaraan dan mengoyak tali persaudaraan yang selama ini kita jaga dengan baik, sehingga kita semua perlu memastikan bahwa Pilkada serentak tahun 2024 ini dapat berjalan dengan aman, damai dan bermartabat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Provinsi Kalsel, Heriansyah mengatakan pelaksanaan Rakor ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

“Ini juga bertujuan untuk penguatan kelembagaan di tingkat Kabupaten/Kota se Kalsel dalam rangka menjaga sinergitas guna mensukseskan Pilkada 2024,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga dirangkai dengan pemaparan materi dan sosialisasi yang menghadirkan narasumber dari KPU, Bawaslu, Polda Kalsel, Korem 101/Antasari dan Satpol PP mengenai Pilkada serentak Tahun 2024 di Kalsel.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut sejumlah pejabat SKPD di lingkup Pemprov Kalsel, Forkopimda serta tamu undangan lainnya. (BDR/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.