14 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Buka Jambore Kader Posyandu se Kalsel, Paman Birin Apresiasi Kinerja Para Kader Hingga Pelosok Desa

2 min read

Gubernur Kalsel saat memberikan hadiah kepada para kader posyandu perwakilan 13 kabupaten kota

BANJARMASIN – Dinas Kesehatan Provinsi bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, kembali menggelar Jambore Kader Posyandu se Kalsel Tahun 2024. Jambore digelar di kota Banjarmasin, pada Rabu (5/6). Tercatat ratusan kader posyandu hadir, dan mengikuti sejumlah lomba yang digelar tahun ini. Diantaranya lomba penyuluhan kesehatan, cerdas cermat dan juga lomba penimbangan. Seluruh kabupaten kota di Kalsel, dipastikan mengirimkan perwakilannya pada lomba-lomba tersebut.

Jambore yang mengangkat tema Bergerak Bersama Kader Posyandu se Kalsel Mewujudkan Transformasi Kesehatan Menuju Banua Maju ini, dibuka langsung Gubernur, Sahbirin Noor. Pembukaan ditandai dengan penyentuhan layar oleh Gubernur, didampingi perwakilan Kementrian Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Dinas PMD Provinsi, plt Kepala DP3AKB Provinsi, dan juga Kepala BKKBN Provinsi Kalsel. Pembukaan Jambore Kader Posyandu ini, juga sekaligus menandai dimulainya Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2024.

Gubernur Kalsel usai pembukaan Jambore Kader Posyandu Tahun 2024 dan peluncuran Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tingkat Provinsi Kalsel

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah memaparkan, bahwa Jambore Kader Posyandu ini merupakan agenda rutin tahunan yang digelar Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK serta sejumlah SKPD terkait di lingkup pemerintah provinsi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada kader posyandu yang telah bekerja secara tulus ikhlas penuh tanggung jawab dan tidak mengenal lelah, melaksanakan kegiatan pemberdayaan sesuai kebutuhan dan sasaran posyandu,” papar Acil Odah (sapaan khas Raudatul Jannah).

Gubernur Kalsel berfoto bersama usai pembukaan Jambore Kader Posyandu Tahun 2024

Lebih lanjut, Acil Odah yang juga Ketua TP PKK Provinsi Kalsel ini mengatakan, bahwa jambore ini juga sebagai upaya meningkatkan semangat dan motivasi para kader posyandu, agar lebih giat lagi untuk mendukung kelancaran atau keberhasilan dan capaian program integrasi layanan kesehatan primer. Dimana hal ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara itu, usai pembukaan Jambore Kader Posyandu se Kalsel, kepada wartawan Gubernur, Sahbirin Noor menyampaikan penghargaan setinggi – tingginya terhadap kinerja para kader posyandu.

“Kader posyandu kita saat ini semangatnya luar biasa. Dan inilah yang mendasari perjalanan keberadaan posyandu, dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Paman Birin (sapaan khas Gubernur Kalsel) juga menegaskan, bahwa peran kader posyandu juga sangat penting, dalam perubahan status desa tertinggal di Kalsel.

“Keberadaan mereka terutama sangat membantu program pembangunan bidang kesehatan. Salah satunya pengentasan stunting,” tutup Gubernur.

Pada kesempatan ini, sejumlah kader posyandu mendapat apresiasi dari Paman Birin berupa hadiah yang uang tunai dan juga umroh. Selain itu, diberikan pula hadiah door prize, dengan hadiah utama satu unit sepeda motor. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.