20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Buka Gebyar Tarian Nusantara 2024, Gubernur Kalsel : Komitmen Lestarikan Budaya

2 min read

Suasana Pembukaan Gebyar Tarian Nusantara 2024

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalsel menggelar Gebyar Tarian Nusantara Tahun 2024, bertempat di kawasan siring menara pandang, Banjarmasin, Sabtu (1/6).

Suasana Gebyar Tarian Nusantara 2024

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalsel ini dibuka oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Kalsel, Agus Dyan Nur.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur, saat membacakan sambutan gubernur

Paman Birin dalam sambutannya mengatakan Provinsi Kalsel sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia turut memiliki keanekaragaman budaya yang luar biasa melalui kegiatan Gebyar Tarian Nusantara kita akan merayakan dan memperkuat rasa cinta terhadap warisan budaya.

“Kegiatan gebyar tarian nusantara ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen kita untuk melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya bangsa kepada generasi muda,” ucapnya.

Paman Birin berharap melalui kegiatan ini generasi muda dapat terinspirasi untuk lebih mengenal dan mencintai budaya mereka sendiri.

“Di tengah arus globalisasi yang semakin kuat saat ini, kita dihadapkan pada tantangan besar untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal, dimana pemuda kita kini semakin mudah terpapar oleh budaya asing melalui berbagai media,” katanya.

Lebih lanjut, Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk terus mendukung dan berpartisipasi dalam upaya pelestarian budaya.

“Peran budaya dalam pembangunan karakter bangsa
begitu sangat penting, dimana budaya bukan hanya tentang seni dan tradisi tetapi juga tentang nilai-nilai, norma dan identitas yang membentuk karakter kita sebagai bangsa yang besar,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua FPK Provinsi Kalsel, Ali Musa Siregar mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya nusantara di Kalsel, sehingga terus dicintai masyarakat.

“Gebyar Tarian Nusantara Tahun 2024 kali menampilkan 15 etnis budaya di Kalsel dari sekitar 30 etnis yang tercatat di FPK Kalsel, semoga kegiatan ini dapat semakin mempererat tali persaudaraan dan persatuan antar kita semua,” ungkapnya.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan tersebut, Kepala Bakesbangpol Provinsi Kalsel, Heriansyah, sejumlah SKPD Lingkup Pemprov Kalsel, para ketua adat dan ketua kerukunan sejumlah daerah serta tamu undangan lainnya. (BDR/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.