20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Puncak Harjad ke-74 Kotabaru, Paman Birin : Semakin Maju dan Semakin Sejahtera

3 min read

Gubernur Kalsel saat memberikan sambutan pada Harjad Kotabaru

KOTABARU – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri acara Hari Jadi (Harjad) ke-74 Kabupaten Kotabaru yang dihiasi semarak Expo Saijaan di Lapangan Siring Laut Kotabaru pada Sabtu (1/6) malam.

Gubernur menerima Mayang dari penari saat peringatan harjad Kotabaru

Tari Mayang Sari sebagai tanda Opening Ceremony Harjad ke-74 Kabupaten Kotabaru, ketiga penari menuju panggung utama untuk menyerahkan sebatang pelepah daun mayang agar ditepukkan oleh Paman Birin dan Bupati Kotabaru, Sayed Jafar Alaydrus.

Momen peresmian air mancur saat peringatan harjad Kotabaru

Selanjutnya, dilakukan peresmian Air Mancur Menari SJA oleh Paman Birin didampingi Bupati Kotabaru bersama jajarannya.

Pancaran air keluar berwarna-warni, sorak dari masyarakat pun bergemuruh.

Harjad Kotabaru ke-74 ini mengusung tema: Manuntungakan Amanah-Manuju Kotabaru Gemilang (Man-julang). Dalam bahasa Banjar, makna Man-julang merupakan sebuah pencapaian tertinggi dalam sebuah proses yang nampak dan sangat terlihat menonjol ke permukaan.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan, peringatan harjad ini sebagai momentum bersama dalam meningkatkan daerah yang maju dan sejahtera, karena memiliki potensi alam yang menarik wisatawan lokal bahkan mancanegara.

“Dalam kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-74 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kotabaru. Warga Kotabaru yang saya hormati, peringatan ini sangat bermakna untuk kita semua,” ungkap Paman Birin.

Sebagai daerah yang kaya dengan potensi dan kekayaan alam, Paman Birin menyebut memiliki peluang besar untuk menjadi kabupaten yang berkembang dan maju. Namun, menurutnya kemajuan daerah tidak akan berarti jika tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh sebab itu, momentum dengan Harjad ke-74 Kotabaru, perlu kita maknai sebagai titik tolak menuju Kotabaru yang semakin maju dan semakin sejahtera,” harap Paman Birin di hadapan masyarakat Kota Saijan.

Sesuai dengan tema yang diusung, Paman Birin menilai hal itu selaras dengan semangat dalam bersinergi dan kolaborasi yang perlu dibangun kuat dengan pemangku kebijakan.

Dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, Gubernur Kalimantan Selatan ini mengajak warga Kotabaru untuk terus melakukan gerakan gotong royong dalam membangun daerah.

“Dengan semangat yang tak pernah putus, Insya Allah Kabupaten Kotabaru mampu mencapai cita-cita mulia itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru, Sayed Jafar menginginkan kemajuan daerah yang dipimpinnya selama 10 tahun belakangan ini. Ia mengklaim telah banyak menorehkan prestasi atas pembangunan yang dilakukannya.

“1 Juni 2024 sebagai peringatan Harjad Kotabaru ke-74. Telah beranjak tua, maka tema yang diusung adalah Man-julang sebagai makna untuk kita lebih semangat, memotivasi serta menunjukan pencapaian tinggi terhadap visi-misi daerah kita tercinta,” ucap Sayed.

Selama 10 tahun kepemimpinan, Sayed bersyukur telah melewati fase yang panjang untuk pembangunan Kotabaru. Menurutnya, capaian itu pihaknya tidak mudah puas maka harus ditingkatkan lagi dalam aspek pembangunan daerah.

Bukan hanya pembangunan fisik, Sayed mengatakan perlu juga meningkatkan kualitas SDM di daerah. Banyak hal yang dikembangkan, sehingga nantinya kemajuan dapat bersaing untuk daerah-daerah lainnya.

“Ini memacu kita dalam persaingan ekonomi. Melalui sektor pariwisata dan agrobisnis, baik itu perkebunan, pertanian dan perikanan. Bahkan, sektor unggulan lainnya di Kota Saijan. Kita terus bergerak,” ungkap Sayed, tegas.

Sayed mendorong agar masyarakat bergerak maju dalam kebersamaan untuk daerah, tentunya bergotong-royong dalam perubahan di Kotabaru. Terakhir, Ia berharap kabupaten yang kaya dengan hasil laut ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

Puncak peringatan harjad itu turut dihadiri Anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, tamu undangan dari TNI/Polri, Forkopimda, pejabat lingkup Pemprov Kalsel dan Pemkab Kotabaru.

Selain itu hadir juga M Tata Anwar, Bupati Kotabaru (1990-1995), MBA Bektam (1995-2000) dan mantan Wakil Bupati Kotabaru, M Rizali. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.