21 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Peringati Harlah Pancasila, Gubernur Kalsel Ingatkan Masyarakat Miliki Sifat Tangguh, Berintegritas dan Beretika

1 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar upacara peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 dilingkungan Pemprov Kalsel, Sabtu (1/6). Upacara ini dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru, yang dipimpin langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Kegiatan itu turut dihadiri oleh jajaran ASN, TNI/Polri, DPRD Kalsel, PKPPI Kalsel, Satpol PP/Damkar, akademisi, guru, mahasiswa/pelajar, serta seluruh pegawai dan pejabat Pemprov Kalsel.

Sebagai inspektur, uapacara, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan, suatu bangsa tidak akan lepas dari nilai-nilai Pancasila, karena sejarah mencatat bahwa Presiden Ir. Soekarno yang pertama menggaungkan kemerdekaan Indonesia pada masa silam.

“Pada hari ini, kita memperingati upacara Hari Pancasila di tahun 2024. Mengingat sang proklamator Ir. Soekarno yang mempelopori teks naskah Pancasila dalam sambutannya untuk kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Sahbirin Noor membacakan sambutan Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi.

Tema yang diusung pada peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 adalah Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa, Generasi Emas Tahun 2045. Keberagaman ras, suku, agama dan bahasa, dirinya memaknai kesatuan Indonesia dalam Bhineka Tunggal Ika. Hal ini untuk menyongsong Indonesia Emas. Sebagai bangsa yang majemuk, maka Pancasila dengan nilai-nilai yang terkandungnya itu menjadi hikmah dalam kehidupan berbangsa.

“Dan supaya mencapai cita-cita negeri ini,” lanjut Sahbirin Noor.

Sahbirin Noor berpesan agar bangsa ini menjadi besar maka warga Indonesia khususnya Kalimantan Selatan untuk menjadikan karakternya sebagai rakyat yang tangguh, berintegritas dan menjunjung tinggi etika.

“Tantangan semakin nyata dalam menghadapi situasi global. Nilai Pancasila menjadi pedoman untuk melangkah sebagai negara yang maju,” tutup Sahbirin Noor. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.