22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Puncak Peringatan HUT ke 75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI, Akan Dilaksanakan di Kandangan

2 min read

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalsel melaksanakan peringatan HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan, di makam pahlawan Brigjen Hasan Basry, Rabu (15/5). Proklamasi ini sebagai bentuk perlawanan kepada penjajah dan juga sumpah setia kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan sejatinya diperingati pada 17 Mei, namun rangkaiannya dimulai pada 15 Mei 2024. Acara dirangkai dengan kirab ontel dari Mahligai Pancasila di Banjarmasin, dilanjutkan ziarah ke makam pahlawan Brigjen Hasan Basry di Bundaran Liang Anggang Banjarbaru.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan, dalam proklamasi Gubernur Tentara ALRI, muncul pernyataan dan penegasan bahwa gerilya ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan.

“Kegiatan ini bukan sekadar kilas balik dan mengenang sejarah perjuangan dan kepahlawanan para pendahulu kita, namun juga penghayatan terhadap nilai-nilai juang ALRI Divisi IV untuk kondisi kekinian, khususnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Sahbirin.

Peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan, di makam pahlawan Brigjen Hasan Basry

Sementara itu, Pj Bupati HSS, Hermansyah, menyampaikan bahwa pada tanggal 17 Mei mendatang, akan dilaksanakan puncak peringatan HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan di Hulu Sungai Selatan.

“Sesuai arahan gubernur, puncak peringatan HUT ke-75 ini dilaksanakan di mana saat proklamasi pertama dibacakan. Yakni di Madapai, Hulu Sungai Selatan,” ucap Hermansyah.

Ia menambahkan, ada sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam puncak HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Petahanan Kalimantan. Seperti sunatan massal, bakti sosial, pengobatan gratis dan pemberian sembako kepada warga sekitar.

“Selain itu, kami juga memberikan berbagai macam hadiah kepada para veteran,” tutup Hermansyah. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.