24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BPSDMD Kalsel Gelar Pembukaan Kompetensi PBJP Angkatan Pertama Tahun 2024

2 min read

Sekretaris BPSDMD Kalsel Muhammad Shahrizal Fauzan saat mengalungkan tanda keikutsertaan kepada salah seorang peserta

BANJARBARU – Sebanyak 30 peserta terdiri dari ASN lingkup Pemprov Kalsel mengikuti kompetensi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJP), di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kalsel, mulai 6-28 Mei 2024.

Peserta PBJP Angkatan I Tahun 2024 saat mengikuti upacara pembukaan di Aula BPSDMD Kalsel

Upacara pembukaan digelar di Aula BPSDMD Kalsel, Jalan Panglima Batur, Banjarbaru, Senin (6/5), dan dipimpin Kepala BPSDMD Kalsel melalui Sekretaris Muhammad Shahrizal Fauzan.

Dalam sambutannya, Fauzan mengatakan kompetensi PBJP merupakan upaya penanggulangan korupsi dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bermutu.

Kompetensi itu juga sejalan dengan ditetapkannya Perpres Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Lingkungan Instansi Pemerintah yang harus dilaksanakan secara efisien dan efektif.

“Maka dari itu dibutuhkan orang dengan sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa yang pemerintah,” katanya.

Sertifikasi tersebut, lanjut Fauzan, merupakan tanda bukti pengakuan atas kompetensi dan kemampuan profesi di bidang PBJP, diantaranya Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran (PA/KPA), pejabat pembuat komitmen, panitia pengadaan barang/jasa, serta pejabat teknis kegiatan.

“Melalui pelatihan ini peserta diharapkan memahami dan memiliki keahlian, keterampilan sebagai pengguna/kuasa pengguna barang/jasa atau panitia/pejabat pengadaan untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika dalam menyusun, mempersiapkan/ merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” harapnya.

Di tempat sama, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDMD Kalsel, Zainal Abidin mengatakan, kompetensi PBJP akan dilaksanakan sebanyak dua angkatan di tahun ini.

Foto pegawai BPSDMD Kalsel dan Widyaiswara bersama peserta Kompetensi PBJP Angkatan I Tahun 2024

Setiap pelatihan berlangsung selama 12 hari kerja dan diikuti oleh 30 peserta.

“Angkatan pertama mulai 6 sampai 28 Mei nanti. Lalu untuk angkatan kedua kita buka mulai tanggal 29 Mei 2024,” ungkapnya.

Setelah mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi ini, diharapkan para peserta bisa memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan terkait tugas-tugas proses pengadaan barang/jasa dengan baik dan benar. mengingat begitu pentingnya kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah ini. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.