24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Upayakan Peningkatan Ekspor Tahun 2024

2 min read

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Sulkan, saat memaparkan materi dalam Rakernis 2024

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Dinas Perdagangan Kalsel, mengupayakan tahun 2024 ini dapat terjadi peningkatan ekspor.

Foto bersama

Kepada sejumlah wartawan, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Sulkan, usai pembukaan Rakernis, pada Kamis (25/4) mengatakan, guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pelaku usaha, agar dapat bersaing di pasar Internasional, pihaknya menggelar Rapat Kerja Teknis Bidang Perdagangan tahun 2024. Ia berharap, dapat semakin meningkatkan ekspor nantinya.

“Kami siap dukung dan fasilitasi ekspor, guna memperluas akses pasar bagi produk-produk unggulan di Banua,” ucapnya

Disampaikan Sulkan, Rapat Kerja Teknis Bidang Perdagangan tahun 2024 ini, mengangkat tema “Penguatan Kolaborasi dan Sinergitas Ekspor Kalimantan Selatan”. Pihaknya akan terus mendorong jajaran Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Kabupaten dan Kota, dengan cara berkoordinasi bersama Kementerian Perdagangan, dalam upaya peningkatan ekspor di daerah.

“Kita tetap lakukan perjanjian kerjasama perdagangan, baik bilateral maupun multilateral,” jelas Sulkan

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, menyampaikan, guna mengembangkan produk-produk unggulan, yang dinilai memiliki daya saing di pasar global. Rakernis ini sangat tepat, untuk memperkuat struktur ekonomi, agar lebih kokoh dan berkelanjutan. Dimana, tidak hanya mengandalkan sumber daya alam (SDM) yang tidak terbarukan.

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, saat memberikan komentar pada awak media

“Saat ini masih banyak memiliki tantangan yang harus dihadapi, diantaranya kurang daya saing produk daerah di pasar global, yaitu produk-produk usaha kecil dan menengah yang masih berskala industri rumah tangga,” ungkapnya

Roy menambahkan, selama ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, terus berupaya mendorong optimalisasi sumber pertumbuhan ekonomi baru, diantaranya investasi bagi usaha kecil, menengah maupun besar dalam rangka meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Selain itu melakukan pembinaan kepada pelaku usaha, baik eksportir maupun calon eksportir. Dimana, sangatlah penting untuk tercipta optimalisasi seluruh potensi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, dan memetakan strategi guna meningkatkan ekspor di Kalsel.

“Jalinan sinergisitas yang kuat dapat memajukan ekspor, seperti produk pangan (makanan dan minuman), kerajinan sasirangan, kriya, dan lainnya,” tutup Roy

Rapat Kerja Teknis Bidang Perdagangan tahun 2024, ini menghadirkan Narasumber Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Kepala Kanwil Bea Cukai, Perwakilan Bappeda Kalsel dan Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, diikuti peserta Dinas Perdagangan Kabupaten dan Kota, serta beberapa SKPD terkait diantaranya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Dinas Perikanan dan Kelautan Kalsel, serta Dinas Perindustrian Kalsel.

Untuk diketahui, Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Kerja Teknis Bidang Perdagangan tahun 2024, dibuka secara resmi ileh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, diwakili Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar, didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Sulkan beserta jajaran Disdag Kalsel. bertempat disalah satu Hotel Berbintang di Banjarmasin. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.