3 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Peringati Hari Kartini, Ribuan Perempuan Menanam Bersama Acil Odah dan Paman Birin

2 min read

Ketua TP PKK Provinsi Kalsel didampingi Gubernur Kalsel melakukan penanaman pohon para peringatan Hari Kartini tahun 2024

BANJARBARU – Peringatan hari Kartini di lingkup pemerintah provinsi Kalimantan Selatan tahun ini, dirayakan berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Tidak hanya diwarnai dengan kaum perempuan berkebaya, peringatan hari Kartini pada Senin (22/4) juga diisi dengan gerakan menanam pohon. Penanaman pohon yang dimotori Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah atau Acil Odah, serta Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin ini, diikuti ribuan perempuan Banua. Diantaranya berasal dari ASN Perempuan, Organisasi Perempuan, Mahasiswi ULM, Acil Jukung, Acil Sadap, Acil Kembang, Rektor ULM, PPKH, PBPH, PBPHH, Pejabat Kayu Tangi/BPTH, UPT Kementerian LHK, dan Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

Gubernur Kalsel didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel menanam pohon Eucalyptus

Kegiatan yang digelar Dinas Kehutanan serta Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) tersebut, menanam sebanyak 4.000 pohon Eucalyptus, di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) Perkantoran Pemprov Kalsel.

Pasca penanaman, dilakukan pula pelepasliaran burung jenis perkutut dan tekukur sebanyak 100 ekor, sebagai bentuk konservasi fauna.

Kepada wartawan setalah acara, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan, keterlibatan perempuan untuk menanam, dapat menjadi pemicu untuk orang – orang sekitarnya ikut BERGERAK, melakukan hal yang sama.

“Apalagi pemerintah provinsi Kalsel juga telah menyediakan bibit gratis melalui Dinas Kehutanan sesuai dengan program Revolusi Hijau,” jelas Paman Birin.

Paman Birin, sebelumnya dalam sambutannya, juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa kepada semua pihak yang peduli terhadap lingkungan dan terlibat dalam acara penanaman hari ini.

Selanjutnya Gubernur Kalsel menyampaikan bahwa slogan Perkokoh Banua Maju dengan kekuatan rakyat salah sautnya kekuatan perempuan -perempuan hebat.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudhatul Jannah dalam kesempatannya menyampaikan, bahwa kesadaran dalam menjaga sumber kehidupan adalah kunci kelangsungan hidup.

“Event penanaman pohon ini, bukan sekadar simbolis penanaman saja, makna mendalam kegiatan ini adalah menjaga kelangsungan alam Kalimantan sebagai paru-paru dunia, momentum ini juga untuk menunjukkan bahwa perempuan memiliki peran besar dalam aksi pelestarian lingkungan,” ujar Acil Odah .

Selanjutnya, dalam laporannya Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan mengingatkan betapa pentingnya menanam pohon, untuk keseimbangan ekosistem di bumi.

Perhatian Gubernur Kalimantan Selatan terhadap peningkatan penutupan lahan di Kalsel dengan menyediakan bibit gratis serta sesuai arahan dari Ketua TIm Penggerak PKK, bahwa eksistensi perempuan sangat diperlukan untuk mendukung program pemerintah, baik dari sisi sosial ekonomi dan lingkungan.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan bagi wanita berjasa dari 13 kabupaten kota. Selain itu ada pula lomba pantun yang diikuti para Acil Jukung Pasar Terapung, hingga lomba meronce kembang yang diikuti puluhan Acil Kembang.

Kegiatan penanaman ini didukung penuh Gubernur Kalsel, sebab kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemprov Kalsel dalam menyukseskan Gerakan Revolusi Hijau yang sudah menjadi pilot project program pelestarian lingkungan secara nasional serta sebagai “Bakti Perempuan untuk Ikut Menghijaukan Banua”. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.