18 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

OJK Kalsel Imbau Warga Terkait Pinjol Ilegal Yang Marak Selama Ramadhan

2 min read

Plt OJK Kalsel, Ahimsya, saat memberikan komentarnya

BANJARMASIN – Otoritas Jasa Keuangan Kalimantan Selatan mengimbau, masyarakat untuk berhati-hati dengan pinjaman online yang marak selama Ramadhan bahkan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu disampaikan, Plt OJK Kalsel, Ahimsya, kepada sejumlah wartawan baru-baru tadi.

Ahimsya menjelaskan, biasanya dimomen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, akan meningkat keperluan masyarakat, mulai dari membeli bahan pokok dan juga memenuhi keperluan lain seperti pakaian jadi, dekorasi rumah hingga mudik. Dengan demikian jangan sampai terlena dengan iming-iming Pinjaman Online (Pinjol) ilegal.

“Biasanya Pinjol akan menawarkan proses cepat dan mudah, maka harus jeli dan mencari tahu sebelum melakukan pinjaman, melalui pengecekan di situs resmi OJK,” pintanya

Ia menyampaikan, ada beberapa ciri lembaga keuangan pinjaman online ilegal, yaitu tidak terdaftar atau tidak berizin dari OJK, menggunakan SMS/Whatsapp dalam memberikan penawaran, pemberian pinjaman sangat mudah, bunga atau biaya pinjaman serta denda tidak jelas, adanya ancaman teror, intimidasi, pelecehan bagi peminjam yang tidak bisa membayar. Selanjutnya tidak mempunyai layanan pengaduan, dan tidak mengantongi identitas pengurus dan alamat kantor, bahkan meminta akses seluruh data pribadi yang ada di dalam gawai peminjam.

“Nama lain Pinjol ilegal tu rentenir dan sangat merugikan masyarakat yang saat pinjam dan tidak bisa membayar,” ucapnya

Lebih lanjut Ahimsya menambahkan, selama ini pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat, agar tidak terlena dengan tawaran Pinjol yang tidak memiliki legalitas. Mengingat ini dapat dimanfaatkan pelaku untuk melakukan kejahatan, karena warga sedang memerlukan uang tersebut.

“Masyarakat bisa pastikan legalitas Pinjol melalui OJK Daftar Perusahaan Fintech P2P Lending berizin dapat diakses pada www.ojk.go.id,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.