17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Nuzulul Qur’an 1445 H, Gubernur Kalsel Ajak Masyarakat Lantunkan Ayat Suci Al-Qur’an

2 min read

BANJARMASIN – Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar peringatan malam Nuzulul Qur’an 1445 H sekaligus Haul Abah Haji Ahmad Zuhdianoor ke-4 di Ruang Induk Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Rabu (27/3) malam.

Suasana Peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H sekaligus Haul Abah Haji Ahmad Zuhdianoor ke-4 di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Peringatan yang digelar setelah shalat tarawih ini dihadiri ratusan jamaah dari berbagai wilayah di Kota Banjarmasin, serta hadir sebagai penceramah KH. Ahmad Mulkani

Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang dibacakan Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dian Nur, menyampaikan terima kasih kepada Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan segenap lapisan masyarakat yang turut ikut andil dalam peringatan tersebut.

Agus Dian Nur, Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan saat membacakan Sambutan Gubernur Kalsel

“Memperingati Nuzulul Qur’an berarti kita diajak untuk merenungkan bagaimana sejarah dan proses turunya Al-Qur’an itu sendiri, tentu saja kegiatan yang setiap tahunnya dilaksanakan ini adalah refleksi tentang bagaimana kitab suci Al-Qur’an untuk kita baca kita hayati, dan kita amalkan isi yang terkandung didalamnya,” katanya.

Sebagaimana diketahui Al-Quran merupakan kitab yang merangkum segala ilmu dan aturan dalam melakukan Hablum Minallah, Hablum Minannas dan Hablum Minalalam karna itulah tugas kita sebagai umat muslim menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam aspek kehidupan.

“Al-Qur’an adalah rujukan utama dan terbaik dalam menyelesaikan masalah apapun, oleh karna itu hendaknya kita membangkitkan semangat untuk mengamalkan dan membumikan Al-Quran dalam lingkungan terdekat mulai dari keluarga kita maupun dalam berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Gubernur Kalimantan Selatan mengajak untuk memanfaatkan peringatan Nuzulul Qur’an ini sebagai motivasi dan memacu semangat generasi muda yang ada di Kalimantan Selatan untuk gemar membaca, memahami dan mengamalkan makna Al-Qur’an

“Mudah-mudahan dari mushola ke mushola dari masjid ke masjid yang ada di seluruh Kalimantan Selatan selalu terdengar lantunan ayat suci Al-Qur’an seperti ketika malam Ramadhan datang, Insya Allah ketika ayat suci Al-Qur’an dilantunkan akan membawa kebahagiaan, ketentraman dan kedamaian di Banua kita tercinta,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Darul Quthni, usai peringatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin khususnya kegiatan untuk membina dan mengembangkan masyarakat dalam konteks agama dan sosial.

“Terima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang dalam hal ini Gubernur Sahbirin Noor, kami sangat menyambut baik dengan apresiasi serta dukungan untuk terus menggaungkan Al-Qur’an di Kalimantan Selatan, diharapkan hal ini menjadi contoh bagi masyarakat dan kebaikan bagi semuanya,” ungkapnya kepada Abdi Persada FM.

Untuk diketahui, dalam rangkaian peringatan tersebut dimulai dari berkhatam Al-Qur’an yang diawali dari Gubernur Kalimantan Selatan diwakili oleh Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dian Nur, kemudian dilanjutkan tausyiah agama oleh KH. Ahmad Mulkani dan pembaca doa haul untuk Guru Zuhdi.
Turut hadir pada peringatan tersebut perwakilan dari Forkopimda, perwakilan Kanwil Kemenag Kalsel, Toko Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. (BDR/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.