17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dorong Maksimalisasi Potensi Kelautan dan Perikanan, Paman Yani: Tingkatkan PAD Banua

2 min read

SURABAYA – Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki tugas mengurusi bidang ekonomi dan keuangan terus berupaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari berbagai sektor, salah satunya ialah dari sektor kelautan dan perikanan.

Pertemuan Komisi II DPRD Kalsel dan DPRD Jatim

Untuk itu, Komisi II DPRD Provinsi Kalsel melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam rangka melakukan kaji tiru guna mendapatkan informasi dan pendalaman materi, baru-baru tadi.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Yani Helmi, atau yang akrab disapa Paman Yani, mengatakan bahwa Provinsi Jatim ini menyimpan banyak potensi di bidang kelautan dan perikanan yang hampir semuanya dimaksimalkan dengan baik oleh pemerintah daerahnya.

“Jawa Timur ini memiliki prestasi yang luar biasa, baik sekali pemaksimalan potensi yang harus dicontoh. Untuk itulah kita belajar di sini. Salah satunya Jatim ini masuk 3 besar dari 10 provinsi dengan produksi perikanan budidaya tertinggi,” katanya.

Sebelumnya, diketahui bahwa Jatim memiliki prestasi yaitu termasuk tiga besar dalam hal produksi perikanan budidaya tertinggi di Indonesia pada tahun 2023 yakni 1,359 juta ton, di bawah Nusa Tenggara Timur (NTT) di posisi kedua, kemudian posisi pertama diduduki oleh Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan hasil produksi 1,359 juta ton.

Selain itu, pemerintah daerah juga melakukan berbagai program pendukung berkenaan dengan pengembangan kelautan dan perikanan, antara lain kolam lele keluarga, peti koin bermantra, pelatihan bagi pelaku usaha skala kecil, padat karya, gelar produk, jemput bola perijinan, rumah tinggal layak huni, dan revitalisasi alat tangkap.

Setelah kagum melihat pemaksimalan potensi tersebut, Paman Yani berharap Dinas Perikanan dan Kelautan di Provinsi Kalsel mampu untuk melakukan hal serupa. Mengingat Provinsi Kalsel merupakan daerah penyangga Ibukota Negara (IKN) sehingga sektor ini mampu meningkatkan PAD.

Rombongan Komisi II Perwakilan Rakyat “Rumah Banjar” itu disambut langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim, Dr. Muhammad Isa Anshori. Ia menyambut baik kedatangan Anggota DPRD Kalsel dan berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan pengalaman dan pelajaran bagi kedua provinsi besar ini. (ADV-NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.