17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Banjarmasin Minta Warga Berperan Pelihara RTH

1 min read

Suasana RTH di Taman Patih Masih, Banjarmasin Utara

BANJARMASIN – Kalangan Legislatif meminta masyarakat, dapat berpartisipasi memelihara Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekitar. Hal itu disampaikan, Anggota Komisi III DPRD Banjarmasin, Muhammad Isnaini, kepada wartawan, pada akhir pekan.

Isnaini mengatakan, adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota ini, tentu akan menjadikan lingkungan tertata rapi, bersih dan memberi ruang edukasi serta rekreasi. Ia berharap, masyarakat sekitar dapat memeliharanya, dengan cara menjaga setiap fasilitas yang sudah diberikan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Anggota Komisi III DPRD Banjarmasin, Muhammad Isnaini

“Tahun 2024 ini ada tiga RTH yang sudah diresmikan oleh Pemkot,” ucapnya

Ia menyampaikan, kehadiran Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai ekosistem tumbuhan, karena pada zaman sekarang tanaman yang hijau sudah banyak tergantikan oleh bangunan-bangunan pemukiman, diantaranya salah satu jenis tanaman yang perlu dilestarikan, pohon Emas Intan. Dimana, merupakan tanaman khas ada di daerah kampung Biuku Kelurahan Sungai Andai.

“Pengenalan tanaman khas sangat penting diketahui oleh regenerasi,” pintanya

Lebih lanjut Isnaini menambahkan, Ruang Terbuka Hijau (RTH) ditengah kota dapat menjadi tempat bermain aktif untuk anak-anak dan bersantai bagi orang dewasa, sekaligus konservasi lingkungan hijau. Dimana, setiap hari sering dikunjungi warga, terlebih di akhir pekan dan hari libur.

“RTH sebagai ruang publik dimanfaatkan oleh masyarakat untuk hanya interaksi,” tutupnya.

Suasana RTH Jalan Kemiri, Kelurahan Sungai Andai

Untuk diketahui, di tahun 2024 ini Pemerintah Kota Banjarmasin, telah meresmikan tiga Ruang Terbuka Hijau yaitu RTH di Jalan Kemiri Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Taman Patih Masih yang berada di bawah Jembatan HKSN Banjarmasin Barat, dan RTH Jahri Saleh di Banjarmasin Utara. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.