17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kuatkan Fungsi dan Peran Linmas Songsong Pemilu 2024, Dinas Satpol PP dan Damkar Kalsel Gelar Bimtek

2 min read

BANJARMASIN – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis Penguatan Fungsi dan Peran Aparatur Linmas dan Satlinmas Dalam Songsong Pemilu dan Pilkada 2024 dan Rapat Kerja Teknis dan Evaluasi Inspektur Kebakaran se Kalsel. 

Suasana Bimtek Penguatan Fungsi dan Peran Linmas Songsong Pemilu 2024

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari 22-24 November 2023 di salah satu hotel berbintang, Kamis (23/11).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan menyampaikan bahwa Pemilu dan Pilkada yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 merupakan hajatan Demokrasi tersebesar di Indonesia, dimana Wakil-wakil rakyat, Presiden dan Wakil Presiden, serta Kepala Daerah akan dipilih oleh rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

“Di Pemilu dan Pilkada inilah, nasib bangsa kita dipertaruhkan. Jika pemilu dan pilkada kita bisa berlangsung secara damai, jujur dan adil, maka bangsa ini akan terus melaju dalam pembangunan,” jelasnya. 

Sebaliknya, jika pemilu dan pilkada bermasalah, maka keberlanjutan pembangunan di negara kita bisa terganggu serta menurunkan kualitas demokrasi. 

Karena itu, menurut Gubernur, aparatur linmas dan semua pihak harus ikut mendukung agar proses demokrasi berlangsung dengan jujur dan adil. 

“Kita jaga netralitas. Kita dukung KPU dan Bawaslu agar mereka mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Kemudian kita dorong partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS, meningkatkan pendidikan politserta menghindari polarisasi dalam menyikapi perbedaan pilihan politik di masyarakat,” ajaknya. 

Gubernur optimis pemilu dan pilkada tahun 2024 akan berlangsung dengan damai dan berkualitas jika semua pihak tanpa kecuali aparatur linmas mampu memerankan tugas secara baik dan bijak dalam kedudukannya masing-masing.

“Untuk itu, maka kehadiran Bapak dan Ibu dalam Bimtek ini, kiranya dimaknai sebagai cara kita untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kepemiluan, sehingga kita sebagai aparatur linmas bisa bertugas dengan baik dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada tahun 2024,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Linmas Dinas Satpol PP dan Damkar Kalsel, Maulana Rahmat menambahkan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan memberikan pemahaman yang sama bagi aparatur linmas dan satlinmas dalam menghadapi pemilu dan pilkada 2024.

“Oleh karena itu, dalam kegiatan ini akan menghadirkan pembicara dari Kesbangpol, KPU dan Bawaslu yang akan memaparkan terkait pemilu dan pilkada yang akan dihadapi pada tahun 2024 mendatang,” terangnya. 

Selain itu, menurut Maulana, para peserta juga diberikan pemahaman yang terkait Permendagri Nomor 11 Tahun 2023 yang mengatur tentang kelengkapan sarana dan prasarana satlinmas. 

Peserta bimtek berjumlah 40 orang terdiri dari  Kepala Satpol PP serta Kepala Bidang dan Kasi yang membidangi linmas se Kalsel. Sedangkan peserta rapat kerja teknis dan evaluasi Inspektur Kebakaran berjumlah 20 orang terdiri dari inspektur masing-masing kabupaten kota dan inspektur pada Satpol PP dan Damkar Kalsel. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.