24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Paman Birin Terima Penghargaan ProKlim 2023 dari Menteri LHK

3 min read

Gubernur Kalsel saat menerima penghargaan dari Menteri LHK

JAKARTA – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor atau Paman Birin, dianugerahi Penghargaan Festival Program Kampung Iklim (ProKlim) 2023 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, atas kerja keras Pemerintah Provinsi ini terhadap pembinaan ProKlim.

Gubernur Kalsel berfoto bersama penerima penghargaan dari Kalsel

Penyerahan Penghargaan ProKlim 2023 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dirangkai dengan Peresmian Rumah Kolaborasi dan Konsultasi Iklim dan Karbon (RKKIK), berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, pada Selasa (24/10), di Jakarta.

Penghargaan yang diterima Paman Birin ini, adalah apresiasi sebagai Pembina ProKlim Tingkat Provinsi Tahun 2023. Sebagai Gubernur, Paman Birin berpartisipasi aktif dalam melaksanakan Pembinaan Kampung Iklim (ProKlim) di Daerah

ProKlim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Paman Birin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah mengapresiasi kerja Pemerintah Provinsi dalam melakukan pembinaan.

Menjadi komitmen Paman Birin, mendukung program ini dalam upaya pengembangan potensi kewilayahan di desa, untuk memperlancar proses pembangunan serta menjadi sarana produktivitas ekonomi masyarakat di wilayah desa/kelurahan.

“Kami berharap kegiatan ProKlim akan membawa dampak positif kepada masyarakat di Kalimantan Selatan, dan memotivasi masyarakat dalam pemanfaatan lahan-lahan kosong di sekitar rumah untuk pemenuhan gizi keluarga,” ujar Paman Birin.

Selain Provinsi Kalsel, sembilan Pemprov lainnya juga menerima penghargaan serupa yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Jambi, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Kemudian, diserahkan juga Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat kota kepada 13 pemko, salah satunya untuk Pemko Banjarmasin.

Sedangkan Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim tingkat Kabupaten diserahkan kepada 42 pemkab. Di Kalsel, turut sebagai penerima yakni pemkab Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tabalong, Tanah Laut, dan Tapin.

Gubernur Kalsel diapit Pj Bupati Tala dan Pj Bupati Batola serta Kadis LH Kalsel

Di acara yang sama, dari 26 dusun/desa/kelurahan penerima trophy ProKlim Lestari, lima diantaranya berasal dari Provinsi Kalsel. Yakni desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar, desa Danda Jaya kecamatan Rantau Badauh, Barito Kuala, RW 02 Kelurahan Sungai Miai kecamatan Banjarmasin Utara kota Banjarmasin, dusun I Desa Asri Mulya Kecamatan Jorong kabupaten Tanah Laut, dan RW 04 Kelurahan Karang Taruna kecamatan Pelaihari kabupaten Tanah Laut.

Untuk penerima trophy ProKlim Utama, enam diantaranya berada di provinsi Kalsel, yakni desa Mandikapau Timur Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, RW 01 Kelurahan Pangambangan Banjarmasin Timur kota Banjarmasin, desa Maburai Murung Pudak kabupaten Tabalong, desa Al-Kautsar kecamatan Satui kabupaten Tanah Bumbu, desa Sungai Bakar kecamatan Bajuin kabupaten Tanah Laut, dan desa Hiyung, Tapin Tengah kabupaten Tapin.

Kementerian LHK juga menyerahkan Piagam Apresiasi Pendukung ProKlim kepada 23 perusahaan/yayasan/lembaga.

Diawal acara, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian LHK Laksmi Dewanthi menyatakan, dalam dokumen komitmen pengurangan emisi GRK (Nationally Determined Contributions/NDC), Indonesia mengakui besarnya peran multi pihak dalam pengendalian perubahan iklim.

Menurutnya, salah satu program yang dikembangkan untuk menjalin kemitraan multi pihak dalam pengendalian perubahan iklim dari berbagai tingkatan mulai dari nasional hingga di tingkat tapak, adalah Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dikembangkan sejak tahun 2012, dan terus diperkuat sebagai program strategi pengendalian perubahan iklim. (Biroadpim-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.