12 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dorong Penerapan “Srikandi” di Seluruh SKPD, Pemprov Kalsel Akan Berikan Penghargaan

2 min read

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar rapat koordinasi penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Suasana Rakor, Penandatanganan Komitmen Bersama dan Bimtek Penerapan Aplikasi Srikandi

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang berlangsung di salah satu hotel berbintang, Senin (18/9).

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Gubernur dan Kepala SKPD tentang Kearsipan lingkup Pemprov Kalsel dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis bagi operator UPTD/UPPD terkait penerapan aplikasi Srikandi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel Raudhatul Jannah, Kepala Dispersip Kalsel Nurliani, Kepala Diskominfo Kalsel Muhammad Muslim dan sejumlah pejabat SKPD Lingkup Pemprov Kalsel.

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini memberikan apresiasi kepada Dispersip Kalsel atas terselenggaranya rapat koordinasi penerapan aplikasi Srikandi ini. Menurutnya, kegiatan ini sebagai tindak-lanjut penghargaan penerapan aplikasi Srikandi yang diperoleh Gubernur Kalsel dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Melalui kegiatan ini, bisa terjalin koordinasi sinkronisasi dan kolaborasi antara SKPD lingkup Pemprov Kalsel sehingga kearsipan di Kalsel bisa lebih baik lagi ke depannya,” harapnya.

Paman Birin menyebutkan bahwa penerapan aplikasi Srikandi di SKPD masuk dalam salah satu penilaian capaian kinerja organisasi bidang kearsipan. Sehingga Pemprov Kalsel melalui Dispersip Kalsel akan memberikan penghargaan dan apresiasi kepada SKPD yang telah menerapkan aplikasi Srikandi dengan baik dalam pengelolaan persuratannya dan akan ada sanksi apabila tidak menerapkan aplikasi Srikandi.

Paman Birin berharap, ke depan pemberian penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi setiap SKPD lingkup Pemprov Kalsel untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola arsip melalui pemanfaatan aplikasi Srikandi dan dapat menjadi warisan bagi generasi muda penerus bangsa.

Sementara, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani mengungkapkan pihaknya telah melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) penerapan aplikasi Srikandi di seluruh SKPD lingkup Pemprov Kalsel. Dari hasil monev tersebut bahwa untuk surat masuk di aplikasi Srikandi sebanyak 8.910 dan surat keluar sebanyak 2.601.

“Dari 49 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baru sekitar 8 OPD yang aktif menggunakan aplikasi Srikandi dalam persuratannya,” terangnya.

Oleh karena itu, Nurliani berharap setelah dilaksanakannya kegiatan ini, penggunaan dan penerapan aplikasi Srikandi di SKPD dapat lebih dioptimalkan agar di tahun-tahun mendatang Pemprov Kalsel bisa mendapatkan kembali penghargaan dari Arsip Nasional. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.