24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Museum Lambung Mangkurat Kalsel Kenalkan Kue Tradisional Lewat Belajar Bersama

1 min read

Sejumlah peserta sedang melakukan praktek memasak kue tradisional didampingi narasumber

BANJARBARU – Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) merupakan salah satu sarana edukasi masyarakat, khususnya untuk mengenal sejarah dan budaya daerah.

Demi menjadi jendela informasi budaya, museum dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel itu, rutin menggelar kegiatan Belajar Bersama.

Belajar bersama selalu mengangkat tema dan kegiatan yang berbeda, tanpa meninggalkan adat, budaya serta tradisi Banua.

“Kali ini kita menggelar belajar bersama dengan tema Belajar Memasak Makanan Khas Kalimantan Selatan,” ungkap Kepala Museum Lambung Mangkurat Kalsel, Taufik Akbar, disela kegiatan belajar bersama ke-III tahun 2023, Selasa (12/9).

Suasana kegiatan Belajar Bersama yang dibuka oleh Kepala Museum Lambung Mangkurat Kalsel Muhammad Taufik Akbar (mic)

Dalam kegiatan itu, peserta diberikan paparan tentang sejarah kue tradisional khas Kalsel. Peserta juga langsung ditunjukkan praktek pengolahan kue-kue itu dengan dibantu oleh narasumber.

Akbar mengatakan, kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya Pemprov Kalsel untuk terus melestarikan makanan khas Banjar, sesuai dengan instruksi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

“Berbagai macam kue tradisional kami ajarkan kepada masyarakat sebagai bentuk melestarikan warisan nenek moyang kita. Diantaranya kue bingka barandam dan kue kambang goyang,” terang Akbar.

Belajar bersama ke-III tahun 2023 diikuti 100 orang peserta dari berbagai kalangan. Mereka semua terlihat antusias mendengarkan materi dari narasumber

Hasil masakan peserta kegiatan belajar bersama ke-3 tahun 2023

“Saya harap dengan materi yang diberikan pada hari ini, bisa dipahami oleh seluruh peserta. Sehingga masakan daerah Kalimantan Selatan dikenal di mancanegara,” tutupnya.(SYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.