12 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kloter “Sapu Jagat” Akhiri Operasional Pemulangan Jemaah Haji Tahun 2023

2 min read

Kedatangan kloter terakhir jemaah haji debarkasi Banjarmasin di bandara Syamsudin Noor pada Kamis (3/8)

BANJARBARU – Masa operasional pemulangan jemaah haji debarkasi Banjarmasin tahun 2023, resmi berakhir pada Kamis (3/8), yang ditandai dengan kepulangan jemaah haji kloter terakhir “Sapu Jagat” atau kloter 17. Kloter ini merupakan gabungan dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Yakni kota Banjarmasin, HSS, Kotabaru,Tanah Laut, Balangan, Banjar, Tapin serta kota Banjarbaru. Termasuk juga jemaah dari Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah.

Pesawat yang membawa kloter 17 debarkasi Banjarmasin

Sebelumnya, pada masa pemberangkatan, jumlah jemaah haji embarkasi Banjarmasin yang telah diberangkatkan sebanyak 5.708 yang terbagi dalam 18 kloter.

“Untuk kloter 18 sebagai Kloter tambahan telah dipulangkan lebih dulu pada 28 Juli lalu, sehingga kloter 17 karena kedatangannya paling akhir maka menjadi penutup pemulangan jemaah haji debarkasi Banjarmasin tahun ini,” kata Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin, saat menyambut kedatangan jemaah di aula Jeddah UPT asrama haji di Banjarbaru, pada Kamis (3/8).

Tambrin menyebutkan, jumlah total jemaah haji dan petugas yang yang sudah tiba di Kalimantan Selatan sampai dengan kloter 17 ditambah 1 kloter tambahan yaitu 5.685 orang.

“Sisanya meninggal 19 orang, dan masih dirawat di Saudi 4 orang, jemaah haji masih dirawat di Saudi dan akan dipulangkan kalau sudah memungkinkan,” katanya.

Selanjutnya, selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi/debarkasi Banjarmasin, Tambrin mengucapkan terima kasih kepada semua PPIH embarkasi/debarkasi Banjarmasin, baik yang terlibat secara langsung atupun tidak langsung pada proses pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji.

“Terimakasih kepada semuanya, atas koordinasi dan kerjasama yang baik kita dapat menyelesaikan dan memberangkatkan dan memulangkan sejumlah 18 kloter, hanya Allah yang bisa membalas dan menghitung kontribusi dan sumbangsih saudara semuanya sehingga operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 dapat terlaksana dengan lancar dan baik,” pungkasnya. (PPIHDebarkasiBanjarmasin-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.