14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi, Peserta KBN Nasional 2023 Kunjungi Perpustakaan Palnam

2 min read

Peserta KBN Mengikuti Perpustakaan Palnam Berdongeng Bersama Pegiat Literasi, Kak Aio

BANJARMASIN – Ribuan peserta Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang terbagi menjadi dua bagian yaitu regu putra dan putri mengunjungi perpustakaan umum milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani KM 6,4, pada Jum’at (14/7).

Waket Kwarnas, Hasto Prastito didampingi Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani meninjau fasilitas yang ada di gedung perpustakaan disabilitas

Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) sekaligus Ketua Komisi Bela Negara, Hasto Prastito Yuwono menyampaikan kunjungan ke perpustakaan palnam ini bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan para peserta KBN untuk membaca buku karena banyak manfaat yang didapatkan dari aktivitas tersebut, salah satunya menambah ilmu pengetahuan.

“Karena siapapun kita harus membaca karena akan menambah ilmu pengetahuan. Nah ini ada kesempatan emas untuk mengunjungi perpustakaan milik Pemprov Kalsel ini yang sudah didesain dengan baik oleh Dispersip Kalsel,” katanya kepada Abdi Persada FM di sela kegiatan.

Hasto berharap hasil kunjungan ini dapat menjadi contoh atau inspirasi ketika kembali ke daerah masing-masing. Ia juga mengaku sangat terkesan dengan kondisi dan fasilitas yang ada di perpustakaan palnam yang dinilai luar biasa.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi bagi adik-adik kita agar berbuat lebih baik, inovatif dan kreatif karena nantinya mereka akan meneruskan kepemimpinan bangsa di masa-masa mendatang,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani yang akrab disapa Bunda Nunung mengucapkan terimakasih kepada Pramuka Kwarda Kalsel atas sinergi dan kerjasamanya sehingga menjadikan perpustakaan palnam sebagai salah satu lokus kegiatan BKN.

“Alhamdulillah para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan disini. Mudah-mudahan mereka mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman berwisata literasi di perpustakaan palnam,” harapnya.

Dalam kunjungan tersebut, setelah acara penyambutan, para peserta KBN dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu kelompok pertama mengikuti kegiatan “Perpustakaan Palnam Berdongeng” yang menghadirkan Pegiat Literasi Tingkat Nasional, Mochamad Ariyo Faridh Zidni atau yang akrab disapa Kak Aio di aula Dispersip Kalsel.

Sementara, kelompok kedua, peserta KBN akan menikmati fasilitas yang ada di perpustakaan palnam dan perpustakaan anak. Selanjutnya kelompok ketiga, peserta akan diajak menonton film terkait kegiata maupun perjuangan Dispersip Kalsel dalam mengembangkan budaya literasi dan minat baca di Kalsel.

Selain itu, para peserta KBN juga diberi kesempatan untuk menjadi Anggota Perpustakaan Palnam. Mereka dilayani oleh petugas perpustakaan umum Dispersip Kalsel dengan sangat ramah, mulai dari pengisian data, berfoto dan kemudian mereka mendapatkan KTA.

Peserta KBN Mendapatkan Kartu Tanda Anggota Perpustakaan Palnam

Meskipun para peserta sebagian berasal dari luar daerah, dengan memiliki KTA, mereka bisa memanfaatkan salah satu layanan melalui aplikasi perpustakaan digital iKalsel yang berisi ratusan ribu konten atau arsip Perpustakaan yang digitalisasi. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.