20 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Konsorsium Pers Banua Komitmen Jaga Marwah dan Kemerdekaan Pers di Kalsel

2 min read

BANJARMASIN – Konsorsium Pers Banua berkomitmen menjaga kemerdekaan Pers dengan menjunjung tinggi prinsip aturan Undang-Undang Pers dan kode etik dalam menjalankan tugas jurnalistik.

Komitmen tersebut dibacakan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalsel, Anang Fadillah, saat acara Deklarasi Konsorsium Pers Banua di ruang seminar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kamis (22/6).

Suasana Deklarasi Konsorsium Pers Banua dan Dialog Nasional di ruang seminar FISIP ULM

Lebih lanjut, Konsorsium Pers Banua juga berkomitmen menjadi pilar demokrasi dalam melaksanakan fungsi kontrol dan penyeimbang dengan berpegang teguh pada asas kejujuran, keadilan dan keberimbangan.

“Mengawal jalannya proses demokrasi yang sehat melalui Pemilu yang berkualitas, bermartabat dan berdaulat serta bersama-sama mewujudkan Kalsel yang lebih baik melalui pemberitaan yang sehat, berkualitas dan berimbang,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim menilai Deklarasi Konsorsium Pers Banua ini merupakan kegiatan yang penting dalam membangun edukasi kepada masyarakat karena entitas-entitas yang berkaitan dengan media dan pers bisa membuat satu kesatuan untuk meliterasi dan mencerdaskan masyarakat serta mencegah berita-berita hoax, terutama pada saat-saat ke depan dalam eskalasi politik berkaitan menjelang Pemilu 2024 mendatang.

“Kami tentu dari Pemprov sangat menghargai dan mendukung adanya konsorsium seperti ini”, jelasnya.

Oleh karena itu, Muslim berharap nantinya suasana masyarakat di Banua akan menjadi “sejuk” dan tidak terpolarisasi dengan pemberitaan yang terkesan hoax.

“Tentunya ini sudah dapat diedukasi dan diarahkan oleh teman-teman yang tergabung dalam konsorsium ini”, tambahnya.

Untuk diketahui, organisasi pers yang tergabung dalam Konsorsium Pers Banua adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalsel, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalsel, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalsel dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Kalsel.

Kegiatan dilanjutkan dengan Dialog Nasional yang mengangkat tema “Pemilu Cerdas dan Pers Bermartabat, Melawan Hoax dan Disinformasi Untuk Marwah Banua” yang menghadirkan narasumber yaitu Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu melalui virtual, Ketua KPU Kalsel DR Andi Tenri Sompa, Dekan Fisip ULM Prof Budi Suryadi serta moderator Toto Fachrudin. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.