29 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Serap Aspirasi Masyarakat, Supian HK Juga Temani Nelayan Menangkap Ikan

1 min read

HULU SUNGAI UTARA – Momen kembali ke Daerah Pemilihan (Dapil) untuk menyerap aspirasi masyarakat atau yang biasa disebut dengan reses, dimanfaatkan dengan baik oleh Ketua DPRD Kalsel, Supian HK turun langsung ke lapangan.

Sebagaimana yang dilakukannya di Desa Pal Batu Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), selain menggelar rapat resmi dengan aparatur desa setempat, Supian HK juga berbaur dengan para nelayan menangkap ikan dengan teknik “Selambau”.

Suasana Reses Ketua DPRD Kalsel, Supian HK di Desa Pal Batu

Selambau adalah alat tangkap ikan tradisional, yang cara kerjanya yaitu memasang jaring ditengah sungai saat air pasang, kemudian saat air surut maka ikan akan ikut turun, maka saat itulah kumpulan ikan yang lewat terjebak dalam jaring yang panjang ditengah sungai.

“Teknik menangkap ikan seperti ini lebih ramah terhadap ekosistem air sungai, hanya ikan besar yang masuk ke dalam jaring yang dapat diangkat, sehingga habitat ikan masih terjaga”, jelasnya kepada wartawan, Jum’at (16/6).

Lebih lanjut, Supian HK juga menghimbau para nelayan agar lebih bijaksana dalam menangkap ikan, menghindari penangkapan ikan dengan cara disetrum dan menggunakan potas (racun ikan) agar ekosistem air sungai dapat terjaga dengan baik.

“Sehingga anak cucu kita dapat terus merasakan kekayaan alam yang terdapat di sungai kita, di Hulu Sungai Utara ini,” harapnya.

Pada waktu berbeda, dalam pertemuan dengan aparatur Desa Pal Batu, masyarakat masih mengeluhkan banyaknya tanaman Susupan Gunung yang menutupi daerah perairan setempat. Menanggapi hal tersebut, Supian HK berjanji bersama pemerintah daerah akan terus mengupayakan, pengendalian pertumbuhan tanaman tersebut. (DPRDKALSEL-NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.