19 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Bupati Banjar Minta Sinergitas Seluruh Lapisan Masyarakat Untuk Cegah Karhutla

1 min read

Bupati Banjar, Saidi Mansyur (putih) saat memimpin rakor penanggulangan karhutla. foto : HumasBanjar

BANJAR – Kondisi cuaca hingga Juni 2023 di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan termasuk Kabupaten Banjar masih diselimuti hujan. Meski begitu Pemerintah Kabupaten Banjar tetap berupaya mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Karhutla tahun 2023, di Aula Kantor Badan Kesbangpol Banjar, Martapura, Rabu (14/6), Bupati Banjar Saidi Mansyur meminta seluruh elemen baik pemerintah, swasta dan masyarakat mampu mendukung program pemerintah untuk menurunkan titik panas.

“Saya mengajak semua pihak bekerja keras dalam meningkatkan upaya-upaya pencegahan terjadinya bencana kabut asap akibat karhutla,” ucapnya.

Bupati Banjar juga meminta seluruh elemen tersebut agar selalu siap dalam upaya preventif maupun pemadaman dini karhutla hingga pemadaman lanjutan secara tuntas.

“Terutama pada kawasan pertanian, perkebunan dan lahan tidur atau semak belukar lainnya,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita menerangkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait penanggulangan dini karhutla.

Kalak BPBD Banjar, Warsita (putih) saat menyampaikan masukan dalam rakor penanggulangan karhutla. foto : HumasBanjar

“Kita juga sudah memasang spanduk peringatan,” ungkapnya.

Warsita mengaku pihaknya juga menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang berjaga selama 24 jam di posko induk BPBD Banjar. Tim itu, siap memonitoring dan menindaklanjuti laporan masyarakat maupun relawan terkait kemunculan titik api.

“Kami minta kerjasama juga dari masyarakat untuk menghindari membakar lahan karena untuk memadamkannya sangat susah dan melibatkan semua pihak,” pintanya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.