19 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Verifikasi Data Pemilih Pemula, KPU Kolaborasi Dengan Dinas Dukcapil Kalsel

1 min read

Kepala Dinas Dukcapil Kalsel Zulkifli dalam hasil wawancara terkait andil terhadap verifikasi data kependudukan

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan turut berkolaborasi dalam penyelarasan data kependudukan bagi pemilih pemula. Akselerasi ini pun merupakan hasil kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil) Kalsel, Zulkifli, mengungkapkan, sebagai tindaklanjut dalam memberikan kelancaran untuk keperluan verifikasi data bagi pemilih pemula. Maka, Dinas Dukcapil Kalsel turut andil agar melakukan proses penyertaan hak menjelang pelaksanaan “Pesta Demokrasi” tahun 2024 supaya bisa berjalan lancar.

“Koordinasi ini dalam rangka untuk mengupdating terhadap data-data yang sudah kami miliki,” katanya kepada Abdi Persada FM, baru-baru tadi.

Selain itu, Zulkifli mengungkapkan, program yang membersamai dengan KPU Kalsel itu ingin mengetahui lebih jauh data pendudukan yang masuk kategori aktif dan tidak aktif sebagai langkah mengentaskan data fiktif pemilih dalam PEMILU 2024.

“Ada yang biasanya orang sudah meninggal, terus juga ada naik dari umur 16 ke 17 ini akan terus kita data. Terlebih, ini menjadi perhatian kita,” ungkapnya.

Dalam hal ini, tutur Zulkifli, pihaknya turut rutin berkoordinasi dengan KPU Kalsel untuk pencocokkan data kependudukan yang akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan dalam pemilihan legislatif hingga kepala daerah baik ditingkat Gubernur atau pun bupati/wali kota.

“Jangan sampai orangnya banyak tetapi tidak terdata. Ada pula orang yang sudah meninggal namun tercatat dan itu tidak kami inginkan,” pungkasnya. (RHS/NRH/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.