23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Bentuk Pandu Digital Sektor Pendidikan

1 min read

Kadiskominfo Kalsel Muhammad Muslim

BANJARBARU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) Pembentukan Pandu Digital Sektor Pendidikan Provinsi Kalsel yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel, pada Senin (29/5).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Diskominfo Provinsi Kalsel bersama Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Provinsi Kalsel untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam literasi digital dengan menjadi pendamping pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kepada sejumlah wartawan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim menyampaikan, pihaknya berharap dengan terbentuknya RTIK Provinsi Kalsel dapat meningkatkan kemampuan literasi masyarakat melalui pendampingan-pendampingan pemanfaatan TIK.

*Hal ini kenapa menjadi strategis, karena yang dihadirkan adalah para guru untuk pemanfaatan TIK. Karena sebenarnya ada beberapa sektor, namun akan difokuskan dahulu terhadap kepada para guru”, ungkapnya.

Muslim mengharapkan melalui para guru tersebut, mereka yang akan mengenalkan kepada para peserta didik serta masyarakat, sehingga akan semakin banyak yang akan terlibat dalam pandu digital.

“Kita menargetkan dapat sebanyak-banyaknya menggandeng para guru sebagai pandu digital”, jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Kominfo RI, Bambang Tri Santoso menyampaikan, Pembentukan Pandu Digital Sektor Pendidikan dimulai sejak tahun 2019 yang lalu. Hingga di tahun 2023 ini, sudah sekitar 20.000 lebih para guru yang menjadi sebagai pandu digital yang tersebut di seluruh Nusantara.

“Nah tahun ini akan digalakkan lagi untuk meningkatkan pandu digital,” tutup Bambang. (MRF/NRH/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.