18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Muslam Kalsel Gelar Lomba Menyanyi Lagu Banjar 2023

1 min read

Salah satu peserta tampak menghayati lagu yang dibawakannya saat mengikuti lomba menyanyi lagu banjar 2023

BANJARBARU – Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan (Muslam Kalsel) untuk pertama kalinya menggelar lomba menyanyi lagu banjar, di haman depan museum, di Banjarbaru, Kamis (25/5).

Suasana lomba menyanyi lagu banjar 2023, di halaman museum lambung mangkurat provinsi Kalimantan Selatan

Lomba yang diselenggarakan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) nonfisik Bantuan Opersional  Museum dan Taman Budaya (BOP MTB) Tahun 2023 ini, mendapat antusias tinggi dari  masyarakat.

Dalam lomba ini, setiap peserta berhak membawakan salah satu dari delapan lagu Banjar yang sudah disiapkan oleh panitia. Yakni Uma Abah, Halin, Sanja Kuning, Kasih Putus di Luhuk Badingsanak, Sangu Batulak, Dandaman Banua, Lanting Nini serta Galuh Banjar.

Kepala Muslam Kalsel Taufik Akbar, mengatakan lomba ini bertujuan untuk melestarikan lagu-lagu daerah Kalsel yang memiliki nilai sejarah serta pesan moral didalamnya.

Kepala Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan, Taufik Akbar (tengah), saat memberikan keterangan kepada wartawan

“Ini memang tugas kita sebagai bagian dari pelestari budaya daerah khususnya Kalsel,” ujarnya.

Lomba diikuti oleh 29 peserta dari berbagai daerah di Kalsel. Mereka merebutkan hadiah berupa uang tunai total 29 Juta Rupiah serta tropi penghargaan.

“Tadinya ada 33 peserta yang mendaftar, tetapi mungkin karena berhalangan hadir makanya hanya ada 29 peserta yang hadir,” ungkapnya di sela kegiatan.

Akbar berencana menjadikan lomba ini sebagai salah satu event rutin tahunan Muslam Kalsel. Bahkan, ia berniat menggelar lomba itu dengan lebih meriah di tahun mendatang.

“Rencananya tahun depan kita akan tambah lagi pesertanya, kita coba undang nanti sekolah-sekolah untuk turut memeriahkan,” tuturnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.