25 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Ramadhan 1444 H, Wali Kota Aditya Gelontorkan Dana Hibah Bantu Puluhan Tempat Ibadah

2 min read

BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru, M. Aditya Mufti Ariffin, menggelontorkan dana hibah ratusan juta sepanjang bulan Ramadhan 1444 Hijriah/Tahun 2023 untuk perbaikan sarana dan prasarana maupun operasional puluhan tempat ibadah, baik Masjid, Langgar maupun Musala.

Berdasarkan laporan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Banjarbaru pada Bagian Kesra sejak dua minggu lebih berjalannya bulan Ramadhan, total dana yang telah dihibahkan sedikitnya mencapai Rp 449 juta. Pemberian dana hibah tersebut bertepatan saat berlangsungnya agenda Safari Ramadhan yang dilaksanakan Wali Kota Banjarbaru Aditya.

Kepala Bagian Kesra, Suriansyah, memaparkan untuk total dana yang telah dihibahkan Wali Kota sepanjang Safari Ramadhan terdiri dari 5 Masjid dan tiap Langgar Musala di 20 kelurahan. Untuk 5 Masjid sendiri penyalurannya mencapai Rp 249 Juta dan Langgar Musala sebesar Rp 200 juta.

“Jadi total akumulasi penyalurahan dana hibah untuk tempat ibadah sampai saat ini sebesar 449 juta rupiah. Untuk Langgar Musala di masing-masing Kelurahan 10 juta rupiah. Sementara untuk satu Masjid senilai 49 juta rupiah,” katanya, Senin (10/4).

Kendati demikian, Suriansyah menyatakan bahwa penyaluran dana hibah rumah ibadah melalui Pemko Banjarbaru masih akan tetap berlanjut. Sebab dijelaskannya untuk tahun anggaran 2023 ini jumlah dana bantuan Langgar dan Musala di Kota Banjarbaru sendiri dianggarkan mencapai Rp 1 miliar.

“Jadi masih berlanjut. Karena keselurahan anggarannya 1 miliar rupiah untuk 100 Langgar Musala,” tuturnya.

Sementara itu Wali Kota Banjarbaru, Aditya, menerangkan penyaluran dana bantuan masjid ini merupakan kewajiban Pemerintah Kota Banjarbaru untuk memuhi kebutuhan masyarakat dalam hal peningkatan kualitas tempat ibadah. Apalahi khususnya menjelang peringatan Hari Raya Idul Fitri yang dilaksanakan tidak lama lagi.

“Kita ingin memberikan rasa nyaman kepada masyarakat menjalankan ibadah, dari sisi sarana dan prasarana yang terus ditingkatkan. Saya harap bantuan ini digunakan semaksimal mungkin khususnya dalam mempersiapkan tempat ibadah menyambut hari Raya Idul Fitri Nanti,” ucapnya.

Diterangkan Aditya juga selain penyaluran dana hibah tempat ibadah, ia juga menyalurkan paket sembako dan tali asih untuk LPM dan Forum RT/RW. Dengan demikian bantuan tersebut dapat memberikan dukungan khususnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Agenda safari ramadhan kemarin juga menjadi kesempatan untuk bertatap muka secara langsung dengan masyarakat Kota Banjarbaru. Semoga bantuan yang telah diberikan dapat benar-benar bermanfaat,” pungkasnya. (MedCen.BJB/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.