17 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemilihan Putra Putri Sasirangan Untuk Promosi dan Lestarikan Produk Sasirangan

2 min read

BANJARMASIN – Dalam Rangkaian Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 7 tahun 2023, Pemerintah Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan Grand Final Pemilihan Putra Putri Sasirangan, berlangsung di Panggung Utama, Kawasan Siring Menara Pandang Banjarmasin, Sabtu Malam (11/3). Dibuka Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor.

Arifin Noor mengatakan, kegiatan Grand Final Pemilihan Putra Putri Sasirangan yang bertemakan, bersama merangkai budaya, ciptakan inovasi, kreasi dan cinta tradisi, untuk itu diharapkan dapat memberikan sesuatu yang baru bagi masyarakat Kota Banjarmasin. Oleh karena itu para peserta diharuskan dapat menampilkan berbagai keahlian, keterampilan dan potensi dalam dirinya.

“Ajang ini tidak hanya berorientasi pada penampilan secara fisik semata, namun juga berorientasi penilaian terhadap kepribadian dan kecerdasan dari putra dan putri sasirangan,” ungkapnya.

Arifin menjelaskan, event tersebut turut berkontribusi memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Kota Banjarmasin.

“Saya berharap agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai wahana untuk melestarikan dan mempromosikan adat budaya daerah kita, terutama kain sasirangan,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Arifin, ia meminta untuk memberdayakan dan memanfaatkan, serta libatkan putra putri Sasirangan tersebut, untuk mendukung program pemerintah, termasuk dalam mempromosikan produk khas dan budaya dari Kota Banjarmasin.

Sementara itu Kepala Disbudporapar Kota Banjarmasin Iwan Fitriadi mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya pemilihan Putra Putri Sasirangan tahun 2023 tersebut, menjadikan anak muda sebagai ambassador yang mencerminkan sikap mencintai dan bangga melestarikan
kain sasirangan.

“Putra putri Sasirangan ini menjadi penghubung antara masyarakat dan pengrajin sasirangan supaya bisa menciptakan inovasi terbaru untuk memajukan kain sasirangan,” ungkap Iwan.

Pada Pemilihan Putra Putri Sasirangan Tahun 2023 ini, terdaftar ada 93 peserta terdiri dari Putra 43 dan Putri 50, serta terpilih 10 pasang, putra putri masuk ke grand final.

Juara Pertama Putra Sasirangan tahun 2023 Lutfi Riqqo Perdana serta Juara Pertama Putri Sasirangan Septian Nanda Alin Noya dan Juara Wakil 1 Putra Putri Sasirangan tahun 2023, Excelito Paletté dan Asmaul Husna.

Turut hadir Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Wakil Ketua Dekranasda Hardiyanti, Ketua DWP Kota Banjarmasin Rusdiati, para juri serta jajaran terkait. (ADV/SRI/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.