20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kunker Komisi II DPRD Kalsel Dorong Optimalisasi PAP di Tanah Bumbu

2 min read

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel M Yani Helmi saat menyampaikan kunker bersama rombongan

TANAH BUMBU – Komisi II DPRD Kalsel membidangi Ekonomi dan Keuangan mendorong optimalisasi Pajak Air Permukaan (PAP). Pasalnya, potensi dari sektor tersebut mendapat target yang cukup besar untuk bisa direalisasikan pada tahun 2023.

Dalam kunjungan kerja (kunker) ke UPPD Samsat Batulicin, Tanah Bumbu, Jumat (10/3), Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, yang sekaligus memimpin rombongan, mengungkapkan, setelah mendengar paparan dari Kepala UPPD Samsat terkait target 2023. Hal ini pun, membuat legislatif harus ekstra dalam membantu mengoptimalkan capaian penerimaan.

“Kita dengar targetnya tadi tinggi sekitar Rp4 miliar lebih. Sedangkan, capaian yang masuk triwulan I baru terealisasi sekitar Rp170 juta lebih dan ini lah yang harus terus kami dorong,” ungkapnya.

Mendorong itu, jajaran legislatif turut serta menyiapkan wadah agar optimalisasi Pajak Air Permukaan (PAP) dapat tercapai.

“Sebelumnya kami sempat mengadakan rapat bekerjasama dengan Pemkab Tanbu terkait peningkatan PAP yang menghadirkan seluruh perusahaan. Tetapi, apabila mau diulang lagi dalam kegiatan sosialisasinya boleh saja tentu kita akan menggadeng pemerintah setempat untuk memaksimalkan pendatan ini,” ucap legislatif yang akrab disapa Paman Yani tersebut.

Selain itu, kedatangan mereka juga untuk membahas sejumlah capaian yang telah dilaksanakan UPT milik Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel.

Sementara itu Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Burhanuddin, mengatakan, turut ikut andil dan berkontribusi agar pemaksimalan penerimaan Pajak Air Permukaan (PAP) khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mampu tercapai sesuai target yang telah ditetapkan Pemprov Kalsel.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Burhanuddin dan Habib Musa saat ikut menghadiri kunker di Samsat Batulicin

“Bersama dengan Pemprov Kalsel nanti sama-sama kita usahakan agar dapat mengumpulkan sejumlah perusahaan di Tanbu,” bebernya.

Dilokasi yang sama, Kepala UPPD Samsat Batulicin, Indra Abdillah, mengharapkan, dengan adanya kunjungan kerja ini langkah-langkah yang diambil mampu berjalan dengan maksimal. Apalagi, adanya rencana pembangunan gedung BPKB Dirlantas Polda Kalsel di Kabupaten Tanah Bumbu membuat layanan untuk wajib pajak semakin dipermudah.

“Rencananya ada di Kapet Tanbu dan bidang aset sudah menentukan titiknya. Sehingga, apapun yang dilaksanakan bisa terealisasi,” harapnya.

Kunjungan kerja (kunker) ini juga dihadiri Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Habib Musa yang juga pelaksanaannya turut diikuti perwakilan dari Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalsel. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.