28 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

HPSN 2023, Sekdakab Banjar : Bank Sampah Solusi Tangani Sampah

2 min read

Sekdakab Banjar Muhammad Hilman (tengah) saat menyerahkan hadiah kepada nasabah Bank Sampah terbaik

BANJAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023, di Bank Sampah Sekumpul, Selasa (21/2).

Mengusung tema “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”, peringatan juga bertepatan dengan HUT ke 12 Bank Sampah Sekumpul yang berlokasi di Jalan Pendidikan, Kecamatan Martapura.

Mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur, Sekdakab Banjar Muhammad Hilman mengutarakan pentingnya HPSN untuk diperingati setiap tahunnya. Sebab menurutnya peduli terhadap sampah adalah tanggung jawab bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Sekdakan Banjar, Muhammad Hilman saat memberikan sambutan

Tema yang diusung tahun ini, pun menurutnya, mengingatkan bahwa kelola sampah yang baik dan benar dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat, terutama untuk menjaga lingkungan hidup yang sehat dan bersih.

“Hari ini kita juga merayakan HUT ke 12 Bank Sampah Sekumpul, dimana Bank Sampah merupakan solusi yang tepat dalam menangani masalah sampah seperti menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi serta membantu mengurangi jumlah sampah di lingkungan kita,” ucapnya.

Hilman juga mengajak seluruh elemen masyarakat menjadi agen perubahan untuk pengelolaan sampah yang lebih baik demi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan yang baik serta sehat.

Sementara itu, Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati mengungkapkan, memasuki usia ke 12 ini, pihaknya berkomitmen melakukan peningkatan nasabah dan mitra dalam bekerja sama seperti BUMN, BUMD dan perusahaan daerah lainnya.

Direktur Bank Sampah Sekumpul, Dewi Heldayati, saat wawancara dengan awak media

“Ada dua kategori nasabah Bank Sampah Sekumpul yakni layanan angkutan sebanyak 2.424 rumah dan tabungan sebanyak 1.067 nasabah,” paparnya.

Dewi menuturkan, mulai 22 Februari 2023 pihaknya akan memulai penjemputan sampah ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Banjar. Sembari mengedukasi serta sosialisasi secara bergantian kepada masing-masing sekolah tentang memilah sampah yang baik dan benar.

“Kami akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, supaya menghidupkan kembali bank sampah yang ada disekolah,” ungkapnya.

Kegiatan dirangkai dengan penyerahan hadiah kepada 5 nasabah dengan jumlah tabungan sampah terbanyak Bank Sampah Sekumpul.

Hadir pula pada dikegiatan tersebut unsur Forkopimda Banjar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Kepala DPRKPLH Mursal,  Lurah Sekumpul Gusti Marhusin dan sejumlah undangan lain.(SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.