19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Ombudsman Kalsel Sampaikan Hasil Penilaian Pelayanan Publik, 5 Pemda Raih Predikat Zona Hijau

2 min read

BANJARMASIN – Perwakilan Ombudsman Kalsel menyampaikan hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 “Opini Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia” di aula kantor Ombudsman Kalsel di Banjarmasin, Selasa (14/2).

Suasana Penyampaian Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 di Perwakilan Kantor Ombudsman Kalsel

Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman Kalsel, Hadi Rahman mengatakan hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 di Kalsel, ada lima pemerintah kabupaten/kota yang memperoleh predikat Zona Hijau atau kualitas tinggi. Sedangkan sisanya sebanyak sembilan Pemda masuk Zona Kuning atau kualitas sedang.

“Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2021 dari tiga pemda menjadi lima di tahun 2022 yang masuk zona hijau yaitu Pemkab Tabalong, Balangan, Tanah Bumbu, Tanah Laut dan Banjarbaru,” jelasnya.

Di tingkat Unit Pelayanan/Kerja, lanjut Hadi, ada 35 unit dari berbagai pemda yang meraih predikat Zona Hijau. Bahkan 10 diantaranya memperoleh predikat Kualitas Tertinggi atau A.

Hadi mengharapkan bagi pemda dan unit pelayanan yang bisa masuk ke Zona Hijau agar diberikan penghargaan serta diminta untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Jangan sampai terlena dan berpuas diri. Karena penilaian itu sifatnya dinamis, bisa berubah,” katanya.

Sedangkan untuk pemda yang berada di Zona Kuning diharapkan tetap semangat dalam bekerja dan melayani serta perlu segera melakukan pembenahan dan langkah-langkah perbaikan.

“Diharapkan pada akhirnya melalui penilaian ini akan membawa kepada perubahan positif secara konsisten dan kebermanfaatan bagi pengguna layanan maupun masyarakat pada umumnya,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Subhan Noor Yaumil mengapresiasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalsel yang masuk Zona Hijau. Sementara untuk SKPD yang masih Zona Kuning, Pemprov Kalsel akan terus mendorong agar bisa masuk Zona Hijau.

“Kami akan dorong terus nanti, melalui Biro Organisasi yang akan melakukan supervisi ke Dinas-Dinas yang masih Zona Kuning. Mudah-mudahan setelah itu, ke depan kita bisa bergerak menuju Zona Hijau,” tuturnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.