27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Labkesda Kalsel Pastikan Puluhan Sampel Makanan di Haul ke 18 Guru Sekumpul

2 min read

BANJARMASIN – Untuk memberikan keamanan makanan untuk tamu VVIP maupun masyarakat umum yang mengikuti Haul ke 18 Guru Sekumpul, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menurunkan tim Food Security (FS).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Labkesda Provinsi Kalsel, Zainal Firdausy mengatakan dalam kegiatan Haul ke 18 Guru Sekumpul yang dilaksanakan di Kediaman Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Kampung Keramat Kabupaten Banjar pada Kamis (26/1) malam tadi, pihaknya menurunkan tiga tim Food Security (FS) melakukan pemeriksaan agar makanan yang disajikan dipastikan aman dikonsumsi dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti keracunan makanan.

Tim Food Security Labkesda Kalsel

“Di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Kalsel, kami mengirimkan tiga tim FS yang masing-masing tim berjumlah 7 orang yaitu 1 orang koordinator dan 6 orang petugas,” katanya kepada wartawan, Jum’at (27/1).

Dijelaskan Zainal, satu tim FS yang dikoordinir Kepala Seksi Kimia Patologi, Bambang Sutiarjo bertugas Kediaman Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Kampung Keramat Kabupaten Banjar sebagai tempat pelaksanaan Haul ke 18 Guru Sekumpul. Sedangkan 2 tim lainnya bertugas di Labkesda Kabupaten Banjar yang dibagi 2 shif yaitu pagi dan sore.

Zainal mengungkapkan untuk parameter yang diperiksa adalah Nitrit, Cyanida dan Arsen. Kalau ada sampel makanan yang terindikasi positif mengandung salah satu zat tersebut maka makanan itu harus ditarik atau tidak boleh disajikan.

“Bila makanan tersebut mengandung salah satu parameter/zat tersebut bisa mengakibat kan keracunan makanan seperti mual, muntah, pusing. Bahkan bisa lebih ke arah berbahaya lagi. Oleh karena itu, kalau ditemukan, maka makanan itu tidak boleh disajikan,” jelasnya.

Pada acara Haul ke 18 Guru Sekumpul itu, lanjutnya, tim FS Labkesda Kalsel memeriksa aneka kue/wadai berjumlah 48 sampel. Dari jumlah tersebut, setelah dilakukan pemeriksaan, lima sampel diantaranya ditemukan positif mengandung Nitrit.

“Lima makanan yang positif mengandung nitrit itu sudah ditarik atau tidak boleh disajikan dalam acara Haul,” jelasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.