19 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Bantu Jemaah Haul Guru Sekumpul, Warga Trisakti Berikan Transportasi Gratis ke Martapura

2 min read

Jemaah haul asal Lampung yang diantar ke Sekumpul

BANJARMASIN – Peringatan haul ke-18 ulama Banua KH. Muhammad Zaini Abdul Gani, yang digelar pada muridnya di kawasan Teluk Selong kabupaten Banjar pada Kamis (26/1) malam, ternyata juga mendapat perhatian dari jemaah luar daerah. Terutama dari luar pulau Kalimantan. Kecintaan mereka pada abah Guru Sekumpul, membuat para jemaah ini rela menempuh perjalanan laut, demi dapat ikut terlibat pada haul tahun ini. Apalagi selama pandemi COVID-19, haul akbar tidak digelar sama sekali.

Spanduk posko Trisakti tepat di depan pintu keluar penumpang pelabuhan Trisakti

Antusiasme jemaah dari luar pulau Kalimantan ini, menggerakkan hati sejumlah warga kawasan Trisakti, untuk mendirikan posko Trisakti. Dimana fokus layanan yang ditawarkan adalah transportasi gratis ke Martapura, kabupaten Banjar.

“Posko ini merupakan inisiasi warga Trisakti sini, melihat antusiasme jemaah dari luar daerah. Kami membaca komentar disalah satu akun media sosial pecinta abah Guru Sekumpul, soal bagaimana caranya ke Sekumpul setelah berlabuh di pelabuhan Trisakti. Setelah membaca ini, kami pun tergerak hati untuk memberikan layanan transportasi gratis ini”, ujar Muhamad Noor, koordinator Posko Trisakti kepada Abdi Persada FM, pada Rabu (25/1).

Setelah berkoordinasi dengan Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Trisakti Banjarmasin, posko Trisakti ini pun mulai beraktivitas sejak Selasa, 24 Januari 2023 hingga 31 Januari 2023 mendatang.

“Jemaah pertama yang datang sebanyak 12 orang dari provinsi Lampung, pada Selasa kemarin, sekitar pukul 18.30 WITA. Selanjutnya ada 2 jemaah lagi yang datang dari Jawa Timur dan Yogyakarta pada pukul 00.00 WITA,” ujarnya.

Para jemaah dari luar daerah ini, langsung dibawa ke kawasan Sekumpul kabupaten Banjar, untuk diinapkan di sana, sambil menunggu dimulainya acara haul pada Kamis (26/1) malam.

“Ada satu kenalan kami warga Sekumpul yang datang ke sini, dan menawarkan penginapan gratis. Terutama kepada jemaah yang belum tahu akan menginap di mana. Namun jika jemaah sudah memiliki tempat menginap, kami akan langsung antarkan ke sana,” tambahnya lagi.

Posko Trisakti saat ini beranggotakan 25 orang, yang secara sukarela memberikan tenaga, waktu, kendaraan hingga materi yang mereka miliki, untuk membantu para jemaah haul Guru Sekumpul ke-18. Keikhlasan mereka memberikan bantuan, juga membuka hati warga sekitar kawasan Trisakti, untuk turut menyalurkan bantuannya.

“Alhamdulillah ada saja warga yang menyumbang untuk membeli sekadar roti dan air mineral untuk para jemaah ini. Mohon maaf jika layanan kami ini seadanya, namun Insya Allah kami ikhlas membantu, “ujarnya.

Khusus bagi para jemaah luar daerah ini, posko Trisakti menyiapkan 7 armada mobil dengan 10 sopir yang bergantian mengantarkan jemaah ke Martapura.

“Kami siapkan 5 unit mobil keluarga, satu unit mobil bak terbuka, dan juga satu unit mini bus. Salah satu travel di sini juga siap dengan armada busnya, apabila jumlah jemaah yang datang mencapai ratusan orang. Kami mendapat informasi dari KPL, kemungkinan besar jemaah yang lebih banyak akan datang hari ini (Rabu). Jadwal kapal dari Surabaya datang sekitar pukul 18.30 WITA, dan pukul 04.00 WITA pada Kamis (26/1) dinihari, “tutupnya. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.