27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Malam Seni Budaya Banjar Sekenceng Kalsel Berlangsung Sangat Meriah

2 min read

BANJARMASIN – Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Yani Helmi menggelar Malam Seni Budaya Banjar Sekenceng Kalsel di kawasan Sungai Jingah Banjarmasin Utara, Sabtu (14/1) malam.

Tidak hanya keluarga besar Sekenceng Kalsel, para pejabat dan tamu undangan yang berhadir, masyarakat setempat juga ikut menyaksikan acara Malam Seni Budaya Banjar yang berlangsung sangat meriah dengan menampilkan musik Panting, Bajapin dan Mamanda dari Sanggar Seni Kumbang Banaung Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

“Alhamdulillah kami seluruh keluarga besar Sekenceng Kalsel berhadir di tempat ini sebagai wujud raya syukur dengan kebersamaan yang telah terjalin sejak 2011 lalu sampai saat ini,” kata Ketua Sekenceng Kalsel itu kepada wartawan.

Selain sebagai ajang silaturahmi, lanjut Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini, pihaknya juga ingin memberikan arti dari sebuah pertemuan dan persaudaraan ini dengan mengangkat seni budaya Banjar yang mulai dilupakan oleh masyarakatnya sendiri.

“Seni budaya Banjar ini sangat banyak. Tadi ada Bajapin, Bagandut, Mamanda yang jarang ditampilkan langsung tiga-tiganya. Diharapkan semua yang hadir bisa mengetahuinya karena siapa yang akan menjaga seni budaya Banjar, kalau bukan kita sendiri,” jelasnya.

Oleh karena itu, Paman Yani, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan budaya Banjar agar tetap ada dan lestari sehingga generasi muda Banjar ke depan dapat lebih mengenal dan mengetahui budaya Banjar.

Dalam kegiatan yang didukung oleh DPRD Kalsel, Pemprov Kalsel dan Bank Kalsel ini juga dilaksanakan pemberian Penghargaan Setia Lencana Sekenceng Kalsel Tahun 2023 dengan beberapa kategori sebagai bentuk apresiasi. Selain itu, juga pembagian hadiah umroh kepada enam orang.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Bappeda Kalsel, Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, Sekretariat DPRD Kalsel, Disdik Kalsel, DKP Kalsel, Diskominfo Kalsel, Satpol PP dan Damkar Kalsel, Balai Pengelolaan Sampah Banjarbakula, BPSMB Kalsel, RSUD Ulin, RSJ Sambang lihum, UPT DKP Batulicin dan Kotabaru, Samsat Batulicin, Samsat Kotabaru dan Samsat Pelaihari, Kepsek di Tanbu dan Kotabaru, Direktur Abdi persada 104,7 FM dan Keluarga Besar Sekenceng Kalsel. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.