24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Bekali Ilmu Politik ke Masyarakat, Bakesbangpol Kalsel Akan Gelar Expo Parpol

2 min read

Kepala Bidang Politik Bakesbangpol Kalsel, Ida Saptika Dewi

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) terus berupaya menciptakan Pemilu dan Pilkada yang bersih tahun 2024 mendatang.

Berbagai macam sosialisasi hingga pengenalan terhadap dunia politik menjadi prioritas utama hingga tahun ini. Terutama kepada para pelajar yang merupakan pemilih pemula.

Kepala Bidang Politik Bakesbangpol Kalsel, Ida Saptika Dewi mengatakan, ada berbagai macam program yang telah mereka rancang untuk memastikan edukasi politik itu sampai ke masyakarat awam.

Dalam waktu dekat, menurutnya pihaknya berencana menggelar Expo Partai Politik (Parpol) di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Banjarmasin.

“Kan ada 8 partai baru yang berpartisipasi pada Pilkada dan Pemilu nanti, sebelumnya juga sudah ada 10 partai, jadi total 18 partai yang akan ikut serta,” ujarnya, Jumat (13/1).

Dijelaskan Ida, expo yang rencananya digelar selama 3 hari itu, nantinya akan dirangkai dengan talkshow dari perwakilan Parpol.

“Ini kesempatan mereka (Parpol) untuk menjual programnya.Terutama bagi Paprpol yang baru. Dan masyarakat juga akan lebih bijak nantinya dalam memberi hak suara,” tuturnya.

Selain itu Ida mengungkapkan, pihaknya akan kembali menggelar pendidikan politik bagi pelajar seperti tahun 2022 lalu.

Pelaksanaannya sendiri akan diputuskan usai rapat kerja yang juga akan digelar dalam waktu dekat. Rapat akan mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Bidang Politik Kesbangpol di Kabupaten/Kota.

“Kita ingin pastikan dulu pembagian tugas sosialisasi (politik) ke masyarakat ini, jadi tidak sampai tumpang tindih nanti dan pasti tepat sasaran,” bebernya.

Ida menyebut, sosialisasi dan edukasi politik kepada masyarakat ini nantinya tidak hanya dilaksanakan menjelang Pemilu dan Pilkada saja. Tetapi akan rutin digelar setiap tahun.

“Jadi semua masyarakat bisa mengetahui kalau Bakesbangpol tidak hanya mengurus Parpol, tetapi juga memberikan wawasan serta membantu menciptakan politik yang bersih,” tutupnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.