29 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Panen Perdana 2023, UV Dryer di Desa Mandala Kabupaten HSS Resmi Dioperasionalkan

2 min read

Panen padi di Desa Mandala Kabupaten HSS

HULU SUNGAI SELATAN (HSS) – Pertanian tidak berhenti meskipun negeri ini menghadapi pandemi COVID-19, banjir, maupun bencana lainnya. Sektor pertanian akan sigap menyiapkan pangan untuk mendorong masyarakat dengan mendorong produksi pangan, seperti syukuran panen padi di Desa Mandala Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Kamis (12/1) tadi.

Acara syukuran panen padi juga dirangkai dengan kegiatan penyemaian serta peresmian UV Dryer untuk mendukung ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di daerah tersebut.

UV Dryer yang baru diresmikan oleh Bupati HSS dan Kadis TPH Provinsi Kalsel

Panen padi tersebut dihadiri langsung Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikri. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Muhammad Noor, serta jajaran Forkopimda Lingkup Kabupatem HSS.

Bupati Kabupaten HSS Achmad Fikry menyampaikan bahwa pihaknya ikut bersyukur atas keberhasilan panen padi dan beberapa kegiatan kelompok petani di desa tersebut. Untuk itu, pihaknya sudah meminta kelompok tani agar memanfaatkan lahannya secara maksimal.

“Petani – petani di Kabupaten HSS sangat berperan penting untuk meningkatkan produksi pangan di daerah ini serta menurunkan angka inflasi,” ungkap Fikry.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Syamsir Rahman menyampaikan rasa syukurnya dan turut bangga atas upaya Kelompok Tani di Kabupaten HSS di karenakan sudah mengawali panen, dan sudah menjadi salah satu upaya untuk menepis kekurangan pangan.

“Kita butuh makan, butuh nasi, sehingga para petani harus kita lindungi. Jangan biarkan petani kita sendiri mengatasi masalahnya, namun harus terus dibantu. Kewajiban kita semua memberi dukungan kepada para petani,” ujar Syamsir.

Untuk diketahui, sebelum panen dilaksanakan dilakukan penandatanganan prasasti pembangunan UV Dryer oleh Bupati Kabupaten HSS Achmad Fikry dan pemotongan untaian bunga oleh Kepala Dinas TPH Provinsi Kalsel Syamsir Rahman. Penandatanganan tersebut sebagai tanda diresmikannya UV Dryer untuk kelompok Tani bengkuang Desa gumbul, dan kelompok Tani Balanti Desa mandala. (TPH.KALSEL-MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.