24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Kalsel Gelar Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Luhur Pancasila

1 min read

Suasana Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila

BANJARMASIN – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dewi Damayanti Said menggelar sosialisasi revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Ideologi Pancasila. Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di kota Banjarmasin pada Jum’at (13/1).

Dalam sambutannya, Dewi menjelaskan mengenai maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu revitalisasi Pancasila adalah proses menghidupkan atau memahami dan menghayati kembali nilai-nilai Luhur pancasila. Sedangkan aktualisasi pancasila adalah mewujudkan nilai-nilai pancasila dalam setiap pribadi dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta bisa bertambah wawasan dan pemahaman tentang nilai-nilai luhur Pancasila dalam rangka pemantapan wawasan kebangsaan”, jelasnya.

Selain itu, Dewi juga mengimbau kepada para mahasiswa agar turut andil dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang. Lantaran, lanjutnya, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya memiliki rasa tanggung jawab sebagai warga negara dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dengan mengikuti pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang, generasi muda juga turut berperan dalam menentukan nasib bangsa kedepannya.

“Namun mahasiswa juga tetap mematuhi peraturan yang telah ditetapkan sesuai nilai-nilai luhur Pancasila sehingga persatuan dan kesatuan bangsa terus terjaga,” imbaunya.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber yaitu dosen salah satu perguruan tinggi di Banjarmasin, Erini Junita Sari yang juga memotivasi para mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan sebagai implementasi rasa cinta terhadap bangsa dan negara. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.