25 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Banjarmasin Minta Perumda PALD Gencar Sosialisasi ke Warga

2 min read

Suasana pertemuan di kantor Perumda PALD Banjarmasin

BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin meminta, Perusahaan Umum Daerah Pengolahan Air Limbah Domestik, terus menerus gencar memberikan sosialisasi ke warga, untuk menjadi pelanggan tetap.

Hal itu disampaikan, Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin Awan Subarkah, kepada wartawan pada Kamis (12/1) mengatakan, dari hasil rapat evaluasi kinerja tahun 2022 dan program kerja 2023 kantor Perusahaan Umum Daerah Pengolahan Air Limbah Domestik, pihaknya meminta mulai sekarang dilakukan sosialisasi ke masing-masing Kelurahan dan Kecamatan, agar tidak mencemari lingkungan.

Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin Awan Subarkah, didampingi Direktur Perumda PALD Banjarmasin, Endang Waryono

“Kami akan dukung sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat,” katanya

Awan menjelaskan, saat ini Perumda PALD Banjarmasin, dinilai tidak sehat dalam finansial, karena pelanggannya masih sedikit, namun biaya operasional sangat besar. Ia berharap tahun 2023 ini Perumda PALD Banjarmasin, mempertegas aturan bagi perumahan baru, akan berlangganan sebagai bentuk turut serta memelihara lingkungan sekitar.

Foto bersama Komisi II DPRD Banjarmasin, didampingi Direktur Perumda PALD Banjarmasin

“Penerapan ini harus dari sekarang, tapi disosialisasikan secara intens, supaya tidak menimbulkan gejolak di masyarakat,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Perumda PALD Banjarmasin, Endang Waryono mengatakan, kerugian terjadi hampir setiap tahun sekitar Rp5 miliar, disebabkan beban operasional lebih besar dari pemasukan, akibat sedikitnya pelanggan, karena anggaran yang terbatas, maka terus menerus menutupi biaya operasional, seperti biaya listrik, obat kimia. Selain aset perusahaan yang mulai mengalami kerusakan, dan mestinya mendapatkan pergantian.

“Kami sulit untuk mengembangkan jaringan, karena beberapa tahun tidak mendapatkan penyertaan modal dari pemerintah, tapi terus berupaya memberikan sosialisasi,” tutup Endang.

Untuk diketahui, Komisi II DPRD Kota Banjarmasin, kunjungan kerja ke kantor Perusahaan Umum Daerah Pengolahan Air Limbah Domestik, dipimpin Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin Awan Subarkah, didampingi Wakilnya Bambang Yanto Permono, Sekretaris Mira Farialini, bersama anggota Abdul Gais. Disambut Direktur Perumda Pengolahan Air Limbah Domestik Endang Waryono, dan seluruh jajaran direksi, berlokasi di Jalan Pasar Pagi Kelurahan Kelayan Luar, Kecamatan Banjarmasin Tengah. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.