20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dispersip Kalsel Sebar “Virus” Minat Baca di Lapas dan Rutan

1 min read

BANJARMASIN – Menurunkan hampir semua armada Perpustakaan Kelilling (pusling) Palnam, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan kembali bergerak menyebar “virus” baca kepada masyarakat, yang kali ini menyasar empat kabupaten/kota di Banua.

Suasana Kunjungan Tim Pusling Dispersip Kalsel ke Lapas dan Rutan di Kabupaten/Kota

Terbagi menjadi empat tim, pihaknya mendatangi Rumah Tahanan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Rutan Marabahan Kabupaten Barito Kuala, Lembaga Pemasyarakatan Banjarbaru, dan LP Narkotika Karang Intan Kabupaten Banjar, Rabu (11/1).

Tidak kalah ramai dengan kunjungan di sekolah, rombongan mendapat sambutan ramai dari para warga binaan, seperti saat mampir di Rutan Pelaihari. Semuanya diizinkan meminjam dan membaca buku yang disediakan dengan berbagai jenis judul.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja pihaknya untuk meningkatkan literasi masyarakat.

“Semua orang punya hak yang sama untuk mendapatkan pengetahuan. Makanya Dispersip Kalsel tetap memberikan kesempatan kepada penghuni rutan maupun lapas untuk mendapatkan bahan bacaan,” jelasnya.

Perempuan yang disapa Bunda Nunung ini juga menyatakan, pihaknya akan terus bergerak jemput bola ke berbagai kalangan, demi bisa menggalakkan literasi dan meningkatkan minat baca.

Selain menghadirkan layanan perpustakaan, pihaknya juga melakukan penyerahan dan peminjaman ratusan buku pada perpustakaan LP dan rutan yang dikunjungi, sebagai realisasi kerja sama yang telah terjalin.

Terpisah, Kepala Rutan Pelaihari Fani Andika mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kontribusi besar Dispersip Kalsel dalam pembinaan warganya.

“Semoga kerja sama ini dapat meningkatkan minat baca pada warga binaan kami, hingga dapat memaksimalkan kemampuan intelektual mereka,” harapnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.