19 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BLAS Festival, Paman Birin: Bentuk Kontribusi Membangun SDM Untuk Banua

2 min read

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kalsel, Nurul Fajar Desira menghadiri sekaligus membuka Being Impactful As Sociopreneur (BLAS) Festival 2022 di Wetland Square Banjarmasin pada Rabu (21/12).

Suasana BLAS di Banjarmasin

Turut hadir, Ketua umum Hasnur Center Nila Susanti Sulaiman, Eksekutif Direktor Yayasan Hasnur Center, Zulfikar Alimuddin, Mantan Rektor ULM, Sutarto Hadi, anggota DPRD Kalsel Hasanuddin Murad, dan undangan lainnya.

Gubernur mengapresiasi penyelenggaraan BLAS Festival yang diselanggarakan Hasnur Center yang dinilai sebagai bentuk kontribusi aktif dalam membangun SDM di Banua.

BLAS Festival diakui mampu menjembatani para pemuda dalam mengembangkan kompetensi diri, meningkatkan keahlian di bidang wirausaha, mengasah jiwa kompetitif, serta memperluas wawasan seputar skill yang relevan dengan zaman sekarang.

Event ini diyakini dapat menumbuhkan literasi kewirausahaan di kalangan generasi muda, bagaimana membangun karakter positif seorang wirausaha, menyiapkan strategi untuk bersaing di era global, dan skill apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang kesuksesan dalam berwirausaha.

Motivasi dan brainstorming akan menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri bagi mereka yang baru hendak terjun ke dunia usaha. Sementara bagi mereka yang telah menjalankan kegiatan usaha, terutama di sektor UMKM, literasi dan pengalaman dari ahli sedikitnya dapat membantu mengelevasi performa dan daya juang mereka.

“Saya juga mendukung rangkaian gelaran BLAS yang dapat menumbuhkan literasi di dunia kerja,” ujar gubernur.

Tenaga kerja yang profesional dan berdaya saing memiliki mindset dan karakter yang kompetitif, adaptif, namun juga mengedepankan nilai-nilai humanis. Tenaga kerja profesional memiliki peran penting dalam pembangunan daerah maupun pembangunan nasional.

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, banyak skill- skill baru yang dibutuhkan sesuai dengan relevansi kebutuhan dunia industri. Hal itu kiranya dapat dibedah lebih jauh dan diedukasikan kepada calon angkatan kerja di Kalsel.

Sementara itu, Eksekutif Direktor Yayasan Hasnur Center, Zulfikar Alimuddin menyebutkan, BLAS Festival turut mendorong pelaku UMKM di Kota Banjarmasin.

Event ini ujar Zulfikar, direncanakan jadi agenda tahunan dan membawa misi kegiatan ke tingkat nasional. Festival ini dirangkai dengan kegiatan edukasi yang berlangsung 19 – 21 Desember, kemudian kegiatan profesional berupa expo dan job fair yang melibatkan puluhan perusahaan, dan interpreneur yang melibatkan para pelaku UMKM di Kota Banjarmasin. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.